oleh

KPH Kayu Tangi Bantu Pasarkan Beras “Keramat”

BANJAR, KORANBANJAR.NET – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayu Tangi ikut membantu masyarakat untuk mengembangkan dan memasarkan potensi beras merah dan beras hitam ‘keramat’ hasil dari Kelompok Tani Hutan (KTH) yang berada di Desa Paramasan Bawah, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar.

Beras merah dan beras hitam keramat ini memiliki keunggulan dari segi manfaat bagi kesehatan dan juga masuk dalam kriteria kualitas beras yang baik karena memiliki tingkat kadar karbohidrat dan gula yang lebih rendah dibanding dengan beras biasa pada umumnya. Hal tersebut diperoleh dari uji laboratorium yang sudah dilakukan pada kedua jenis beras tersebut.

Kadishut Provinsi Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut., MP., mengatakan beras merah dan beras hitam keramat memiliki keunikan tersendiri.

“Keunikan tersebut dilihat dari ukuran bulir berasnya lebih kecil dibanding beras merah dan beras hitam pada umumnya, diharapkan masyarakat dapat terbantu dalam memasarkan beras tersebut dan dapat pula membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan,” ujarnya.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: