oleh

KPH Hulu Sungai Dikunjungi Direktorat KPHL

BARABAI,koranbanjar.net – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Hulu Sungai dikunjungi Direktorat Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL), 10 hingga 13 Desember 2019 tadi.

Rombongan terdiri Rahayu Wulandini, Kepala Seksi Kelembagaan I beserta dua orang staf Biro Humas, Janur dan Ray. Kedatangan mereka meliput potensi sumber daya alam yang ada di sana.

Kunjungan kehormatan dari Direktorat KPHL ini disambut langsung Kepala KPH Hulu Sungai Rudiono Herlambang. RPH Batang Alai yang pertama dikunjungi, Rabu (11/12/2019).

Didampingi Penyuluh Kehutanan, H. Muhammad Yusri dan Rusmayadi, siang itu mereka mendatangi dan meliput profil Salasiah selaku pengumpul damar dari Desa Pajukungan Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Usaha menjadi pengumpul damar ini sudah lama dilakoni. Getah damar ini diambil dari pohon meranti yang ada di hutan. Damarnya dikirim ke Surabaya,” ungkap Salasiah.

Selesai bertemu pengumpul damar, rombongan menuju KTH Hutan Lestari di Desa Layuh Kecamatan Batu Benawa. Kelompok yang diketuai oleh Fakhrudin ini terkenal sebagai budidaya kelulut.

“Stup di sini berjumlah 700 buah. Dalam setahun mampu memproduksi sebanyak 480 liter madu. Tahun ini tadi juga dilakukan penelitian pengkloningan Kelulut dengan variasi bahan stup,” ungkap Fakhrudin kepada Rahayu Wulandini. (dya/kphhulusungai)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: