Tak Berkategori  

KPH Beri Bimbingan Kepada KTH untuk Melakukan Hal ini

TANAH LAUT, KORANBANJAR.NET – Dinas Kehutanan melalui KPH Tanah Laut mengadakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Selasa (24/04). Bertempat di rumah Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Pinang Habang yang mana KTH tersebut merupakan bagian dari binaan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kasi Pemanfaatan, Penyuluh Kehutanan, Anggota KTH, RPH Tabunio, Bakti Rimbawan serta Staf KPH Tanah Laut.

Menurut Kadishut Provinsi Kalimantan Selatan, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP., di Desa Sungai Pinang terdapat 3 KTH binaan dari KPH Tanah Laut yaitu KTH Pinang Habang, KTH Pinang Muda dan KTH Harapan Baru.

“FGD tersebut menghasilkan beberapa rencana kegiatan tahun 2018 dari masing-masing KTH, yaitu KTH Pinang Habang, yang merencanakan kegiatan pemeliharaan lebah madu, ternak sapi, agroforestry, dan wisata bukit panti. Lalu KTH Pinang Muda, merencanakan kegiatan produksi air dalam kemasan, ternak sapi, perkebunan sirsak madu dan perkebunan karet. Sedangkan KTH Harapan Baru, merencanakan kegiatan pemeliharaan lebah madu, ternak sapi, agroforestry tanaman jengkol dan wisata paralayang,” ujarnya.

Senada dengan misi Kadishut untuk meningkatkan perhutanan sosial, masing-masing KTH akan dibantu dan dibimbing serta dibina oleh penyuluh kehutanan melalui KPH Tanah Laut dalam menyusun dan menyiapkan proposal.(humasdishutkalsel/ana)