KPH Balangan Dukung dan Partisipasi Gerakan Gunung Bersih

oleh -77 views
PEDULI LINGKUNGAN - Aksi bersama membersihkan obyek wisata Gunung Hauk di Balangan.

TEBINGTINGGI,KORANBANJAR.NET – Keindahan alam puncak Gunung Hauk, yang dikelilingi hamparan bukit dan gunung menghijau, menjadikannya sebagai tujuan berlibur bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Gunung Hauk berada diketinggian 1325 MDPL, tepatnya di Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan.

Untuk mendukung “Gerakan Gunung Bersih” yang diinisiasi oleh organisasi pecinta alam “Adventure Sunday,” dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 19 sampai 20 Januari 2019.

KPH Balangan bersama Komunitas Pecinta Lingkungan diantaranya Bebek Petualang, Sispala Tunas Banua, Sawika Paringin, PMI Kab. Balangan, Komunitas Pendaki Tapin (KAPTEN), Kancil Adventure, Komunitas Pendaki Kalimantan Regional Kalteng, Komunitas Pendaki Kalimantan Regional Kalsel, Kumpulan Benaik Meratus dan lainnya, berpartisipasi melakukan aksi bersih sampah dipuncak Gunung Hauk.

Menurut keterangan panitia, jumlah partisipan terdata sebanyak kurang lebih 300 orang termasuk warga lokal Desa Ajung. “Terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak,” ungkap panitia.

Saat mendaki, semua bekas kegiatan terutama sampah yang dihasilkan ditegaskan supaya tidak ada tertinggal, atau bawalah pulang kembali. Karena benda-benda tersebut (terutama sampah plastik) akan memberikan dampak buruk yang besar bagi kelestarian lingkungan, termasuk jangan meninggalkan bekas berupa coretan dan sejenisnya di pohon maupun bebatuan.

Dalam kegiatan ini dilakukan pemungutan sampah, dan menghasilkan sekitar 28 trashbag besar terkumpul, terdiri dari sampah plastik, kaleng, karet, sterofoam dan lain-lain. Kegiatan tersebut sangat membantu pihak pengelola Jasling Gunung Hauk yaitu KTH Ajung untuk mengurangi jumlah sampah yang ada digunung serta membersihkan gunung dari pencemaran.(dishutprovkalsel)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan