KPH Balangan dampingi BPBD Pantau Karhutla

PENYULUHAN - Sinergi bersama-sama masyarakat menjaga dan melestarikan hutan.

PARINGAN,KORANBANJAR.NET – Kondisi cuaca yang tidak menentu, tidak menyurutkan KPH Balangan ikut melakukan pemantauan bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kelolanya. Pemantauan ini dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan pada Selasa (11/6/2019)  dan Rabu (12 /6/2019), berlokasi di Desa Ajung Kecamatan Tinggi dan Ambakiang Kecamatan Awayan.

Kegiatan pemantauan karhutla tidak hanya dilakukan kedua instansi itu, tetapi melibatkan pula beberapa institusi dari kepolisian dan TNI. Tujuan kegiatan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan melakukan kegiatan pencegahan melalui penyuluhan kepada masyarakat.

Kasi Perlindungan Hutan KPH Balangan, M. Emir Faisal ketika dikonfirmasi membenarkan hal itu. Emir menegaskan berupaya sekuat tenaga untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerjanya. Untuk itu dia akan mengerahkan seluruh staf untuk terus melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Kegiatan yang diinisiasi BPBD Balangan ini sangat baik karena melibatkan banyak pihak terkait. Kedepannya kami akan terus mendukung kegiatan ini dengan mengerahkan Polhut di lapangan, agar kejadian kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir, bahkan dicegah,” kata Amir. (dishutkalsel)

BeritaTerkait