DaerahKab Kotabaru

Kotabaru Miliki Rute Penyebrangan Baru Untuk Layani Antar Kecamatan

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Kabupaten Kotabaru kini memiliki rute penyebrangan baru untuk melayani antar kecamatan, yaitu dari Desa Sigam, Kecamatan Pulau Laut Utara menuju Desa Tanjung Batu, Kecamatan Kelumpang Tengah.

Armada feri untuk rute penyebrangan tersebut, telah diresmikan pengoperasiannya oleh Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, Senin (18/3).

Menurut Sayed Jafar,  dengan dibukanya rute penyebrangan Sigam – Tanjung Batu tersebut, akan mempermudah masyarakat mendistribusikan hasil bumi.

“Bukan hanya itu, rute Sigam – Tanjung Batu akan menjadi jalur utama warga di Kelumpang Tengah untuk berbelanja,” ujarnya.

Hampir 70 persen warga Kelumpang Tengah, katanya, berbelanja ke luar daerah karena letaknya yang terpisah dengan ibukota kabupaten.

“Rute penyebrangan Sigam – Tanjung Batu ini, mempermudah warga Kelumpang Tengah untuk berbelanja ke Kotabaru,” katanya.

Feri rute Sigam – Tanjung Batu beroperasi tiap hari dengan dua kali PP, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar satu jam.

Kotabaru sendiri merupakan kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang wilayahnya terdiri dari kepulauan dan terpisah dari pulau Kalimantan.

Karena itulah, jalur laut merupakan alternatif utama bagi warga setempat dalam bepergian, baik antar pulau diwilayah setempat maupun ke kabupaten lain.

Sebelumnya, ada dua rute penyebrangan menggunakan armada feri di Kotabaru yang beroperasi tiap hari.

Masing-masing rute Batu Licin, Kabupaten Tanah Bumbu – Tanjung Serdang yang dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan rute Stagen, Pulau Laut – Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir yang dioperasikan pihak swasta.

Kedepannya pemerintah daerah setempat kembali akan meresmikan rute penyebrangan baru, yaitu dari Kotabaru menuju Kecamatan Pulau Sembilan. (cah/ndi)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close