oleh

Kodim 1006/Martapura Siap Turunkan Personil Dukung Program Serasi

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Kabupaten Banjar.

Hal tersebut diutarakannya saat rapat koordinasi pendampingan TNI-AD pada program Serasi di Aula Makodim 1006/Martapura, Selasa (28/5/2019).

Rapat koordinasi dihadiri oleh Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel Syamsir Rahman, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Banjar, Muhammad Fachry. Konsultan SID kegiatan serasi Kabupaten Banjar tahun 2019, para kepala Balai Penyuluh Pertanian, para mantri tani serta penyuluh dari 12 Kecamatan yg menjadi lokasi kegiatan Serasi di Kabupaten Banjar.

Letkol Arm Siswo Budiarto menegaskan bahwa TNI-AD mendukung sepenuhnya kegiatan Serasi. “Kami siap menghadirkan Danramil, Babinsa di lokasi yang terlibat kegiatan serasi untuk menjadi pendamping petani di lapangan,” ujarnya.

Selain itu keterlibatan unsur aparat kewilayahan untuk mensukseskan kegiatan Serasi di kabupaten Banjar seluas 38.363 hektar, Siswo Budiarto menyatakan bahwa tugasnya lah memastikan semua pekerjaan di kegiatan serasi sesuai dengan spesifikasi.

“Jadi jelas peran dan fungsi TNI dalam pendampingan pelaksanaan kegiatan Serasi antara lain mengkoordinasikan peran serta Babinsa dalam kegiatan yang dilaksanakan petani,” imbuhnya.

TNI akan membantu pelaksanaan sosialisasi kegiatan Serasi dan mendampingi dalam proses survey lapangan dan mendampingi proses pengerjaan fisik di lapangan. TNI juga akan membantu menyampaikan laporan perkembangan kegiatan dan memastikan semua spesifikasi pekerjaan telah terlaksana.

Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel Syamsir Rahman mengatakan bahwa kegiatan serasi merupakan kerja bersama antara Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Dari 34 provinsi di Indonesia Kalsel termasuk di antara tiga provinsi yang mendapatkan kegiatan serasi selain Sumsel dan Sulsel.

Syamsir mengatakan, di Kalsel potensi lahan rawa ada sekitar 257.300 hektare dan dari jumlah tersebut sudah ada calon petani, calon lahan) seluas kurang lebih 153.000 hektar, dari target 150.000 hektare.

Dinas TPH Provinsi Kalsel dan kabupaten terus menggenjot pekerjaan, fisik sehingga petani bisa melakukan pertanaman. Lokasi Serasi di Kalimantan Selatan berada di sembilan Kabupaten yaitu Banjar, Batola, Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Balangan dan Tabalong,” jelasnya.

Sudah dilakukan SID, survei seluas 65.000 hektare dan yang sudah didesain seluas 37.129 hektar dan sudah proses pekerjaan fisik kontruksi seluas 11.625 hektar. Syamsir juga mengintruksikan untuk memasukan exsavator sebanyak lima unit untuk kegiatan serasi di Kecamatan Cintapuri Darussalam dan lima unit di Kecamatan Martapura Barat.

Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar Muhammad Fachry mengatakan bahwa Serasi merupakan bagian dari Upsus Pajale, yang tujuannya untuk meningkatkan produktivitas hasil dengan cara intensifikasi meningkatkan indeks pertanaman yang semula IP 100 menjadi IP 200 dan eksentifikasi pembukaan lahan sawah baru seperti lahan2 rawa baik rawa lebak maupun rawa pasang surut.

Fachry mengatakan bahwa kegiatan serasi di Kabupaten Banjar untuk tahap pertama dipriroritaskan di dua kecamatan yaitu Martapura Barat dan Cintapuri Darussalam. Pekerjaan fisiknya dikerjakan secara paralel dengan penyelesaian SID dan pemberkasan kelompok. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: