KM Satya Kencana Terbakar, 225 Korban Selamat Telah Dievakuasi

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Kapal Motor Satya Kencana yang berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin dilaporkan telah terbakar di Barat Daya Tanjung Selatan dengan jarak 90 NM dari Dermaga SAR Basirih, Sabtu (04/08) sekitar pukul 09.30 WITA. Setelah menerima laporan tersebut, tim Basarnas Banjarmasin pun segera menuju lokasi kejadian.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin,Mujiono memimpin langsung aksi penyelamatan tersebut. Ia mengatakan bahwa pihaknya langsung melaksanakan pergerakan setelah menerima laporan adanya kapal terbakar tersebut.

“Lalu, kami langsung melakukan pergerakan, kami memberangkat 20 orang personil menggunakan KM SAR Laksamana,” ujarnya.

Kapal yang membawa 250 orang penumpang beserta ABKnya tersebut diperkirakan telah bersandar di dermaga sekitar pukul 18.00 WITA. Korban dievakuasi menggunakan KM Niki Sae sebanyak 141 penumpang selamat yang mana 29 diantaranya adalah ABK dan korban meninggal 1 orang sedangkan KM Kumala membawa penumpang selamat sebanyak 66 orang yang 16 orang di antaranya adalah ABK.

“Untuk korban meninggal menurut informasi keluarga diperkirakan karena usianya yang sudah tua sehingga beliau kelelahan,” ujar Mujiono.

Kapal lain masih disiagakan untuk mencari sisa korban yang masih terombang-ambing di laut, dan update info sementara sampai berita ini diturunkan 225 korban selamat telah berhasil berhasil dievakuasi.(hmsbasarnasbjm/ana)