Kalsel  

KIM Racah Mampulang Kabupaten Balangan Mewakili Kalsel Tingkat Nasional

(KIM) Racah Mampulang Kabupaten Balangan terpilih untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada gelaran KIM Festival 2024 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Agustus mendatang. (Sumber Foto: Kominfo Kalsel/koranbanjar.net)

Prestasi membanggakan ditunjukkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Racah Mampulang Kabupaten Balangan terpilih untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada gelaran KIM Festival 2024 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Agustus mendatang.

BANJARBARU,koranbanjar.net – Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim menuturkan bahwa KIM Racah Mampulang ini telah memenuhi kriteria untuk mewakili Kalsel di ajang nasional dan siap bersaing dengan kim daerah lain.

“Salah satunya yakni mereka dapat mengelola kearifan lokal di desa mereka dengan baik, mau itu terkait kuliner maupun budayanya, yang jadi fokus dan lotus kegiatan mereka,” kata Muslim, Banjarbaru, Senin (24/6/2024).

Dalam waktu satu bulan ke depan, lanjut Muslim, pihaknya akan mengoptimalkan pembinaan kepada pengelola KIM Racah Mampulang agar siap tampil dan berkompetisi pada Agustus nanti.

“Kita akan lebih optimalkan lagi pembinaannya baik itu untuk teknis presentasi, cara mengolah informasi untuk dipublikasikan, dan teknis lainnya” jelas Muslim.

Dia juga meminta dukungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan selaku pembina daerah untuk memberikan dukungan penuh kepada KIM Racah Mampulang ini.

“Diskominfo Balangan juga diharapkan memberikan dukungan kepada mereka, mengingat kemampuan provinsi juga terbatas. Dari pihak provinsi sendiri siap mendukung dan memfasilitasi mereka pada kegiatan Expo KIM Festival 2024,” tuturnya.

Untuk tema yang akan ditampilkan sendiri, Muslim menyerahkannya kepada pengelola KIM Racah Mampulang.

“Kita siap memfasilitasi, jadi KIM perwakilan yang akan kita dorong mempersiapkan lebih baik lagi untuk siap berkompetisi dengan KIM dari provinsi lain,” ujarnya.

Muslim berharap, upaya yang dilakukan pihaknya bersama Diskominfo Kabupaten Balangan ini membuahkan hasil yang baik di tingkat pusat.

“Pada saat melakukan tahapan seleksi kemarin kita betul-betul mengikuti apa yang menjadi kriteria yang disampaikan oleh tim penilai dari pusat” tukasnya.

Sebelumnya Diskominfo Provinsi Kalsel telah melaksanakan seleksi KIM terbaik tingkat provinsi untuk mewakili Kalsel di tingkat nasional.

Seleksi tersebut diikuti sebanyak tujuh KIM dari berbagai kabupaten/kota di antaranya yaitu KIM Jika Maka (Kabupaten Tabalong), KIM Kunang kunang (Kabupaten Tabalong), KIM Tiwingan Lama (Kabupaten Banjar), KIM Racah Mampulang (Kabupaten Balangan), KIM Karang Rejo (Kabupaten Tanah Laut), KIM Banyu Irang (Kabupaten Tanah Laut), dan KIM Tirta Jaya (Kabupaten Tanah Laut). (kominfo kalsel/dya)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *