Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

‘Kick Off’ Webinar Literasi Digital Kalsel Dimulai

  • Bagikan
Dennis Adhiswara (aktor, produser film dan CEO Layaria Network)

‘Kick Off’ webinar literasi digital untuk wilayah Kalsel dimulai Senin (31/5/2021), dengan dua sesi yaitu pada pukul 10.00 Wita menghadirkan narasumber Leonika Sari (CEO Redblood Lead Digital Skills Surabaya), Dennis Adhiswara (aktor, produser film dan CEO Layaria Network), Arie Sudanto (CoFounder & Dus Duk Duk) dan narasumber lokal Gusti Syaila Syarifah (guru honorer dan pelaku UMKM dari Banjarmasin).

BANJARMASIN, Koranbanjar.net – Dengan maraknya dunia virtual, pemerintah pusat berkampanye untuk dunia digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Program Literasi Digital Nasional dengan tema “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rabu (19/5/2021) berlokasi di Hall Basket Senayan.

Sesi kedua digelar pada pukul 14.00 Wita dengan narasumber, Ulfa Merdeka (Owner Ulfa Merdeka Party Planer), Anwar Olle Cholis (CEO Borneo Promosindo), Dr Fitria Widiyani Roosinda SSos MSi CIQaR (Humas JAPELIDI) dan Desy Arfianty ST (Komisaris & Finance Kanalkalimantan.com).

Webinar Literasi di wilayah Kalsel diawali sambutan Presiden Joko Widodo dan Akhmad Fydayeen, Penjabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa tantangan di dunia digital sangat besar, konten-konten negatif terus bermunculan.

“Kejahatan di ruang digital terus meningkat, hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspada,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sementara itu Akhmad Fydayeen, Pj Walikota Banjarmasin menyampaikan, sesuai dengan arahan visi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mitra jejaring GNLD Siberkreasi telah menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital tahun 2021- 2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat.

Mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang TIK dan digital, serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.

Di dalam peta jalan ini dirumuskan juga empat kerangka dalam menyusun kurikulum literasi digital, yaitu: Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety, dan Digital Culture.

“Untuk mencapai target masyarakat yang cakap digital diadakan acara secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini yang telah dimulai sejak tanggal 20 mei dengan dilakukannya kick off atau pembukaan oleh bapak Presiden, serta Menteri Komunikasi dan Informatika,” ujarnya.

Demi tercapainya atas pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum.

“Literasi digital perlu, dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menanggulangi penggunaan teknologi digital oleh seluruh lapisan masyarakat secara tidak baik,” katanya.

Ia pun berharap seluruh lapisan masyarakat Banjarmasin dengan jenjang usia 15 hingga 50 tahun untuk hadir dan mengikuti webinar literasi digital ini.

“Mari kita dukung dan ikuti acara ini dengan mengikuti webinar yang akan dilakukan dikota tercinta kita, Banjarmasin makin cakap digital,” pungkasnya.(ndy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *