oleh

Ketua KPU Kota Banjarmasin Diganti Sementara

BANJARMASIN, koranbanjar.net- Beredarnya isu pencabulan anak magang SMA yang diduga dilakukan penyelenggara pemilu KPU Kota Banjarmasin, berdampak dengan digantinya sementara waktu penjabat ketua.

Apalagi, selama sepekan terakhir Ketua KPU Kota Banjarmasin Gusti Makmur, terhitung sejak Selasa (9/1/2020) tidak masuk kerja.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Sarmuji, belum lama tadi mengatakan, akan turun tangan secara langsung untuk menangani hal tersebut apabila akan ada indikasi terhambatnya penyelenggaraan pemilu dekat ini.

“Untuk itu kami meminta Komisioner KPU Kota Banjarmasin untuk melakukan rapat pleno terkait digantikannya sementara Ketua KPU Banjarmasin Gusti Makmur,” ucapnya saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp.

Dari Rapat pleno yang diselenggarakan di kantor KPU Kota Banjarmasin di Jalan Perdagangan, Senin (13/1/2020).

Putusan rapat pleno memutuskan terpilih sebagai Pelaksana Harian (Plh) KPU Kota Banjarmasin, yakni diisi Rahmiyati Wardah.

Rahmiyati Wardah mengungkapkan, ia dipilih diantara empat Komisioner tersisa karena rekomendasi dari KPU Provinsi Kalsel.

“Posisi Ketua KPU diharuskan diisi dulu sementara, dan sifatnya tidaklah tetap,” ungkapnya.

Dengan demikian, jabatan sebagai Ketua KPU Kota Banjarmasin tetap dijabat oleh Gusti Makmur.

Namun, untuk sementara karena tidak masuk bekerja selama sepekan terakhir, kemudian diputuskan digantikan melalui rapat pleno.

“Ketika Pak Gusti Makmur kembali masuk kerja, maka saya akan kembali lagi jadi Komisioner bidang Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Kota Banjarmasin,” terangnya.

Lanjut dia mengungkapkan, dipilihnya ia sebagai Plh sementara karena menangani persiapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada bulan januari 2020.

“Semua ini dilakukan untuk menghadapi pemilu di Banjarmasin, jadi kami fokus kesana,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Banjarmasin Husni mengatakan, Gusti Makmur tidak hadir dalam rapat pleno.

“Tadi saya sempat menghubungi beliau, dan katanya lagi di daerah Banjarbaru, tapi tidak tahu sedang apa beliau di sana,” bebernya.(ags/dya).

Komentar

Jangan Lewatkan