oleh

Kesultanan Banjar Berbagi Sapi Kurban Untuk Pengelola Makam Sultan Suriansyah

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Sebagaimana tahun sebelumnya maka Idul Adha 2019 ini Kesultanan Banjar kembali menyerahkan satu ekor sapi kurban untuk pengelola makam Sultan Suriansyah Jalan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Penyerahan tersebut dilakukan di halaman Makam Sultan Suriansyah, Sabtu (10/08/2019) pagi.

“Hal ini kami lakukan adalah sebagai wujud keperdulian kepada masyarakat Banjar, kami ingin berbagi, agar mereka juga dapat merasakan daging kurban, khususnya masyarakat yang berada di sekitar makam,” ujar Pangeran Suryasari Rahmatillah mewakili Sultan Banjar Sultan H Khairul Saleh.

Penjelasan itu ia kemukakan saat wawancara dengan sejumlah awak media usai menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada Ketua Badan Pengelola Makam, Haji Ahmad Yamani.

Ketika ditanya mengapa penyerahan tersebut tanpa dihadiri H Pangeran Khairul Saleh, sultan di Kesultanan Banjar sehingga ia yang menggantikannya.

“Beliau sedang ada urusan ke Jakarta,” terangnya singkat.

Kegiatan penyerahan sapi kurban ini lanjut Pangeran Suryasari adalah acara rutin setiap tahun dilaksanakan. Namun saat ini kesultanan tidak menambah jumlah sapinya.

“Saat ini hanya satu ekor, nanti kita liat setiap tahunnya kalau anggaranya ada pasti kita tambah,” ungkapnya.

Menurut Suryasari mengapa Kesultanan Banjar memilih makam Sultan Suriansyah sebagai tujuan penyerahan sapi itu.

“Karena Sultan Suriansyah dengan Kesultanan Banjar masih satu keluarga,” jelasnya.

Suryasari juga akan merencanakan Milad Kesultanan Banjar, namun belum berani memastikan kapan waktu dan tempat pelaksanaannya.

“Sementara ini hanya wacana, kita belum tau pasti kapan dan dimana tempatnya, karena selama ini kita stagnan,” jelasnya.

Ia berharap mudah-mudahan masyarakat dapat menikmati daging dari sapi yang diserahkan ini.

“Mudah-mudahan tahun depan jumlahnya bertambah, dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat yang berada di sekitar makam,” harapnya.

Sementara itu Ketua Badan Pengelola Pemeliharaan Komplek Makam Sultan Suriansyah, Haji Ahmad Yamani menyambut gembira dan sangat berterima kasih atas pemberian sapi kurban dari Kesultanan Banjar itu.

Ia mengaku pemberian bantuan dari Kesultanan Banjar sudah berjalan 3 tahun. Selama ini hanya dari Kesultanan dan B Post yang kerap memberikan bantuan.

“Kami berharap bantuan seperti ini selalu ada dan mudah-mudahan terus meningkat, dari Kesultanan pun dapat menjadi amal kebaikan dan keberkahan serta sukses selalu,” tukas Yamani sembari mengatakan bantuan sapi kurban akan dibagikan kepada tiga RT masyarakat setempat. (yon/dya)

Komentar

Berita Terkini