Baznas

KESBANGPOLINMAS DISKUSI POLITIK, BEGINI ISINYA….

  • Bagikan

MARABAHAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Barito Kuala,  menyelenggarakan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Forum Diskusi Politik 2017 di Aula Selidah Marabahan, Senin (30/10).

Kegiatan itu dihadiri sebanyak 60 undangan yang terdiri dari beberapa pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Politik se Kabupaten Batola, Camat, pengurus Organisasi Masyarakat (Ormas), serta tokoh-tokoh masyarakat.

Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Forum Diskusi Politik 2017 tersebut berupa sosialisasi Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilihan Umum, Undang-Undang Nomor 8/2012 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta menyampaikan Undang-Undang Nomor 2/2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 2/2008 tentang Partai Politik.

Selain itu, kegiatan dari Kesbangpolinmas Batola juga mensosialisasikan  Undang-Undang Nomor 15/2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7/ 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan DPA SKPD Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Kuala Tahun.

Narasumber dari kegiatan tersebut didatangkan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) dan dari Badang Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Barito Kuala.

Asisten Bidang Pembangunan M. Anthony dalam sambutan tertulis Bupati Barito Kuala Hasanuddin Murad mengatakan, melalui forum diskusi ini diharapkan dapat menjadi sarana yang baik bagi semua untuk dapat mempererat hubungan silaturahmi.

“Acara ini sekaligus dapat menjadi media bagi  semua pihak untuk memperkuat komitmen dalam rangka menjaga dan memelihara situasi dan kondisi daerah agar senantiasa aman, nyaman, tertib dan tenteram sepanjang masa,” paparnya.

Untuk itu, ia mengajak para undangan yang berhadir pada acara tersebut agar  sama-sama meningkatkan peran sesuai dengan tugas, fungsi dan kedudukan  masing-masing terutama dalam mendukung percepatan pencapaian pembangunan di Kabupaten Barito  Kuala.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Ormas Badan Kesbangpolinmas Batola, M Yusran, selaku Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan kegiatan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Forum Diskusi Politik 2017 yang diadakan pihaknya bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta berbagi informasi terkait pemilihan umum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017

Selain itu kegiatan yang diadakan juga mendiskusikan peristiwa terkait situasi politik dan keamanan yang terjadi pada saat ini.

Sedangkan hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut, M Yusran dalam laporan kegiatannya mengatakan, dengan adanya penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan teciptanya diskusi antara narasumber dengan peserta kegiatan sehingga dapat memberikan pencerahan, menambah wawasan dan memberikan jalan keluar terhadap persoalan-persoalan yang terjadi dalam proses penyelenggaraan pemilihan umum khususnya di Kabupaten Batola.

“Selain itu juga diharapkan hasil dari kegitan ini nanti dapat menjadi bekal para peserta untuk memberikan motivasi kepada masyarakat sekitar terutama dalam pastisipasi untuk menyukseskan Pemilu 2019,” tutupnya. (dny)

  • Bagikan