oleh

KEREN! UPT Damkar Banjar Raih Piala Bergilir Gubernur Kalsel

MARTAPURA, koranbanjar.net – UPT Damkar Kabupaten Banjar berhasil menjadi terbaik I dan II dalam ajang Kasiapsiagaan/Ketangkasan Aparatur Pemadam Kebakaran se-Kalimantan Selatan. Dengan pencapaian ini, UPT Damkar Banjar berhak menyabet sebagai Juara Umum dan membawa Piala Bergilir Gubernur Kalsel.

Lomba digelar di samping halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel pada 10 Desember itu, UPT Damkar Banjar mengirim 2 tim terbaiknya.

Sesuai peraturan lomba, tiap kabupaten/kota se-Kalsel mengirim dua tim terbaik. Satu tim terdiri 4 personil utama ditambah 2 personil cadangan. Total satu tim 6 personil.

KEREN! UPT Damkar Banjar Raih Piala Bergilir Gubernur Kalsel
Kasatpol PP Banjar, HM Ali Hanafiah. (foto: humaidi/koranbanjar.net)

UPT Damkar Banjar bersaing dengan 10 kabupaten/kota se-Kalsel. Hasilnya, tim A meraih juara terbaik 1, tim B meraih juara terbaik II.

Baca Juga: Mengharukan, Kucing Ibu Ini 3 Hari Terjebak Dalam Sumur 12 Meter

Kepala UPT Damkar Kabupaten Banjar, Gusti Yudhi mengatakan, kompetisi ini pertama kali diadakan oleh Pemerintah Provinsi. Menurutnya lomba ini bukan sekedar bicara permainan ketangkasan, tetapi sudah mengacu pada SOP, di mana antara skill, aturan, efektifitas tempur, dan safety personil menjadi satu kombinasi yg tidak boleh diabaikan dalam setiap tindakan.

“Saya yakin ke depannya Level Skill Competition ini akan terus ditingkatkan baik dari event nasional maupun lokal,” ujar Yudhi kepada koranbanjar.net, usai penyerahan piala dan piagam setelah apel gabungan di halaman Sekreteriat Pemkab Banjar, Selasa (17/12/2019).

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, Personil Damkar Banjar Didiklat

Menurut Yudhi, Pemerintah Kabupaten Banjar dan pihaknya bisa berbangga dengan prestasi ini, tetapi jangan sampai membuat terlena.

Karena menurutnya tantangan ke depan yang dihadapi jauh lebih besar. Pemerintah Daerah bersama UPT Damkar harus saling bersinergi dalam peningkatan kualitas dan kapasitas SDM Aparatur Damkar.

Baca Juga: Ada Puluhan Pemadam Cilik di UPT Damkar Banjar

“Dengan tuntutan pembangunan yang ada, sekarang sudah bermunculan bangunan gedung bertingkat baik dengan kategori sedang maupun tinggi. Tentunya memerlukan skill dan sarpras khusus dalam penyiapan sistem proteksi kebakaran yang mumpuni,” jelas Yudhi.

Senada dengan Kepala UPT Damkar Banjar, Kasatpol PP dan Damkar, HM Ali Hanafiah berharap dengan adanya pencapaian ini mampu memotivasi untuk meningkatkan keahlian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Jangan terlena dengan keberhasilan ini, kami akan terus mengupayakan peningkatan agar pelayanan terhadap masyarakat lebih maksimal. Dan dengan uang pembinaan ini akan kami gunakan untuk memaksimalkan UPT Damkar Banjar sendiri,” pungkas Kasatpol PP Banjar.

Usai acara penyerahan di halaman kantor Bupati Banjar, mobil unit Damkar Banjar pawai membawa piala hingga ke Sekreteriat UPT Damkar Banjar. (mj30/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: