Keren! SMK PP Kementan Raih ISO 9001:2015

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot peningkatan kinerja harus dilakukan insan pertanian. Hal ini direspon dengan baik SMK PP Banjarbaru yang meraih ISO 9001:2015.

BANJARBARU,koranbanjar.net  –  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kinerja adalah hal penting.

“Sebagai sektor yang tumbuh positif selama pandemi, insan pertanian harus bisa meningkatkan kinerja. Karena kita berharap pertumbuhan positif pertanian bisa berdampak bagi sektor lain. Khususnya secara ekonomi,” katanya.

Ditambahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, berharap nantinya dengan adanya rekomendasi ini membuat insan BPPSDMP bekerja lebih maksimal.

“Tugas pertanian tidak mudah. Kita harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat. Artinya, kita pun harus meningkatkan kualitas. Dan rekomendasi ini bisa menjadi tambahan motivasi untuk bekerja lebih baik,” katanya.

SMK-PP Negeri Banjarbaru dalam hal ini adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Pendidikan BPPSDMP, Kementan terus berupaya meningkatkan kapasitas, mutu dan pelayanan manajemen di sekolah.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMK PP N Banjarbaru adalah menggelar Audit Ekternal dalam bidang Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau ISO 9001:2015 oleh United Registar of Systems (URS) Cabang Balikpapan, selama 2 hari secara daring, terhitung sejak Kamis (2/11/2021).

Jumat (3/12/2021), URS Balikpapan yang diwakili oleh Auditor dalam audit kali ini, yaitu F. Sumarlin Saranga, menyatakan bahwa SMK-PP Negeri Banjarbaru direkomendasikan untuk mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Kepala SMK PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso yang hadir dalam pemaparan hasil audit ini menyatakan bangga dan senang, meskipun sempat vakum, SMK-PP N Banjarbaru dapat meraih ISO 9001:2015, walau ada beberapa sedikit catatan minor.

“Alhamdulillah kami bisa upgrade dan kembali mendapatkan pengakuan sertifikat ISO 9001:2015, meskipun sempat vakum 4 tahun kami masih layak mendapatkan pengakuan tersebut,” terangnya.

Catatan-catatan yang telah disampaikan oleh URS, perlu dilakukan perbaikan, sehingga catatan kecil hasil audit kedepan sudah dilaksanakan.

“Semoga membuat sekolah kita semakin baik dalam penerapan sistem manajemen mutu dalam pendidikan,” katanya.

Perlu diketahui Audit ISO 9001:2015 di SMK-PP N Banjarbaru diantaranya dalam Bidang Management dan Management Representative, Kurikulum, Humas Kerjasama, Ketenagaan, Sarana dan Prasarana, Kesiswaan, dan Tata Usaha. (Tim Ekspos SMK PP Negeri Banjarbaru/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *