oleh

Keren! Peserta Festival Jukung Ini Bergaya Layaknya Sang Proklamator

MARTAPURA, koranbanjar.net – Salah satu peserta Festival Jukung ini terlihat begitu unik dan keren. Pasalnya ia berpakaian layaknya Soekarno sang Proklamator RI, saat berada di atas perahu.

Dari foto yang diambil oleh Kominfo Kabupaten Banjar, lelaki itu terlihat gagah berkacamata hitam mengenakan setelan warna putih dengan peci hitam khas Soekarno. Keris lengkap dengan kumpang ia pegang di tangan kirinya sebagai properti pendukung. Menambah terlihat makin gagah!

Pemadandangan tersebut hanya sebagian dari kemeriahan Festival Jukung dalam rangka HUT RI ke-74 dan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Banjar ke-69 yang digelar di sepanjang Sungai Martapura, Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar pada Rabu (14/08/2019).

Tidak kurang dari 50 jukung meramaikan Festival Jukung tersebut. Atribut bendera merah putih menghiasi jukung -jukung warga. Juga dengan umbul-umbul dan pakaian yang unik-unik dari peserta.

Wakil Bupati (Wabup) Banjar H Saidi Mansyur pun seperti tak ingin menyia-nyiakan momen tersebut. Ia turut merasakan ‘sensasi’ duduk di atas perahu hias itu. Saidi tersenyum lebar. Gembira merayakan Harjad Kabupaten Banjar dan HUT RI, sambil menyapa warganya dari sungai.

Keren! Peserta Pestival Jukung Ini Bergaya Layaknya Sang Proklamator,
Wabup Banjar H Saidi Mansyur saat berada di atas perahu hias di Festival Jukung, Rabu (14/8/2019) (foto: MC-Banjar)

Ia menjelaskan, Festival Jukung merupakan kegiatan positif dalam rangka memperingati hari besar Kemerdekaan RI dan Harjad Kabupaten Banjar.

Wabup Banjar menyampaikan apresiasi dan support kepada komponen masyrakat Martapura Barat yang berswadaya menyelenggarakan Festival Jukung tersebut. Wabup mengharapakan Festival Jukung agar terus berlanjut.

Keren! Peserta Pestival Jukung Ini Bergaya Layaknya Sang Proklamator..
Puluhan peserta Festival Jukung saat memacu perahunya, Rabu (14/8/2019) (foto: MC-Banjar)

“Dengan adanya festival jukung ini, tentu dapat merekatkan tali silaturahmi mereka, karena tahun kemarin banyak sekali yang mengikuti kegiatan ini, dan tahun ini pesertanya tambah banyak. Mudah-mudahan kegiatan ini berkelanjutan dan lebih meriah lagi partisipasi masyarakat pada festival ini,” ungkapnya.

Wabup Banjar Saidi Mansyur juga menyampaikan pada momen memperingati HUT RI dan Hari jadi Kabupaten Banjar, Saidi Mansyur mengajak masyarakat untuk bersama-sama berjuang dalam membangun Kabupaten Banjar, agar lebih baik lagi ke depannya.

Sementara Camat Martapura Barat Sumardi mengatakan, kegiatan Festival perahu ini merupakan hasil swadaya masyrarakat Martapura Barat. Dan dirinya bersyukur antusias masyarakat sangat luar biasa dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Masyarakat semuanya kompak dalam memajukan tempat pariwisata sungai disini, tentu dengan antusias mereka dalam meramaikan kegiatan festival perahu ini dan juga kegiatan lainnya,” ujarnya.

Pada Festival Jukung tersebut Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur juga menyerahkan hadiah kepada peserta sebagai bentuk apresiasi pada Festival Jukung tersebut. (dra)

Komentar

Berita Terkini