Baznas

Kerajinan  Anak Banua Tampil di Pameran Internasional

- Tak Berkategori
  • Bagikan

JAKARTA, KORANBANJAR.NET – Beragam kerajinan tangan hasil karya anak Banua yang dibina Dewan Kerajinan Tangan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan tampil ke tingkat nasional.

Melalui ajang The 20 th Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2018, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (25/4). Seluruh produk terbaik Kalimantan Selatan dipamerkan dan dijual.

Pameran yang berlangsung 25 hingga 29 April 2018 ini diharapkan menjadi media promosi unggulan Kalimantan Selatan tidak hanya untuk tingkat nasional namun juga internasional.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah,  mengatakan pameran Inacraft adalah pameran berbagai produk unggulan daerah yang bertaraf internasional.

Dengan kegiatan tersebut, dia berharap produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dari Kalimantan Selatan khususnya, dapat lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Menurutnya, pameran Inacraft memberikan banyak manfaat bukan hanya bagi pengunjung tetapi juga bagi para peserta, selain dapat berbagi ilmu keterampilan para perajin juga bisa saling memberikan masukan tentang produksi dan pemasaran.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meminta kepada pengrajin tangan agar memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan kualitas produknya.

“Dewasa ini kita mengenal e-commerce. Nah tentu kerajinan harus berubah dengan e-commerce itu. Apa yang banyak berubah adalah bagaimana membuat kualitasnya bagus dengan suatu standar yang baik,” ucapnya.

Wapres mengatakan, dengan memanfaatkan e-commerce, pengrajin tangan bisa memiliki standarisasi kualitas dan ukuran. Sebab, kata dia, orang zaman sekarang membeli sesuatu dengan melihat.

“Nanti sebagian besar bisnis itu akan terjadi membeli lewat internet hanya dengan melihat katalog. Apabila tidak ada standar kualitas serta ukuran maka sulit sekali memasukkannya dalam sistem e-commerce,” ujarnya.

Kegiatan akbar ini akan diikuti oleh 1.395 peserta dari seluruh pelosok tanah air. Terdiri dari para perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan. Serta beberapa negara sahabat juga akan ikut menyemarakkan pameran, dengan menampilkan produk kerajinan mereka.

Kepala Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan Birhasani mengatakan stan pameran dari Kalimantan Selatan berjumlah 12 yang dihiasi dengan kerajinan tangan khas Kalimantan Selatan seperti sasirangan, air guci, kerajinan dari rotan, tikar purun dan yang lainnya.

Menurut dia, sejauh ini Dekranasda dan jajaran Pemprov Kalsel selalu aktif mengikuti Inacraft yang menjadi agenda tahunan Pemerintah RI.

“Dekranasda se Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Perdagangan selalu mengikuti Inacraft untuk mempromosikan produk terbaik khususnya pada bidang kerajinan tradisional karya anak banua,” ucapnya.(syh/humas pemprov kalsel/koranbanjar.net)

 

  • Bagikan