oleh

Kerahkan 2 Mobil Tangki, BPBD Kalsel Bantu Pemadaman Karhutla Di Kalteng

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Pemprov Kalsel melalui BPBD Kalsel meluncurkan 2 unit mobil tangki pemadam kebakaran serta beberapa personil untuk membantu pemadaman di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, di Kalteng masih kekurangan alat pemadam.

Sebelum diberangkatkan ke Kalteng, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin itu, terlebih dahulu mencek 2 unit mobil tangki tersebut di halaman Gedung Mahligai Banjarmasin, Senin (23/9/2019) malam.

“Tadi siang, kami mendapatkan telepon dari Ibu Menteri Lingkungan Hidup. Beliau menanyakan, apakah bisa membantu sarana pemadam kebakaran kapasitasnya antara 10.000 hingga 20.000?, alhamdulillah kita katakan insyaallah ada, dan malamnya langsung kita kirim,” kata Paman Birin menjelaskan tugas personil BPBD Kalsel hanya membantu pemadaman.

“Orangnya hanya 10 personil tapi kita yakin orangnya handal semua. Sering sama kita juga di lapangan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, air di sana cukup susah dan mengangkutnya jauh, maka dari itu pihak Pemprov Kalsel menyiapkan tangki lebih besar.

“Berarti butuh alat penampung air, dan kita kirim yang 20.000 liter. Lumayan untuk pengiriman selanjutnya. Kita ini hanya membantu, jadi tergantung permintaan. Kalau Gubernur Kalteng bilang cukup maka akan kita kembalikan ke Kalsel,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kalsel Wahyudin mengatakan, bantuan pemadaman tersebut membawa peralatan sendiri dari Kalsel.

“Jadi pak gubernur membantu dengan tangki besar, sekaligus biar otomatis nanti bisa membantu menyebarkan ke tangki-tangki lainnya,” ujarnya.

Langkah kedua pihaknya akan senantiasa membantu sebagai daerah tetangga.

“Memang sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu. Karena Karhutla daerah Kalsel relatif sudah terkendali,” tandasnya.

Dikatakan, Kalsel punya mobil berkapasitas 20.000 liter dua unit, satunya masih di Guntung Damar, dan satunya dipinjamkan ke Kalteng.

Untuk diketahui, rute perjalanan yang akan ditempuh tim BPBD Kalsel, pertama akan ke posko induk, setelah melakukan konfirmasi dengan BPBD Kalteng, nanti akan dikoordinir untuk diarahkan ke mana. (ags/dra)

Komentar

Berita Terkini