oleh

Kepada Ratusan Tukang, Saidi: Jangan Kaget Jika Pekerja Cina Datang

MARTAPURA, koranbanjar.net Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan di hadapan ratusan para tukang; jangan kaget orang Cina datang bekerja di Indonesia. Sebab, menurutnya, di era global saat ini semua bersaing dan memiliki kesempatan yang sama, terlebih Indonesia termasuk bagian Mansyarakat Ekonomi Asean (MEA)

“Jadi jangan takajut (kaget) ada pekerja Cina yang masuk ke tempat kita. Sebaliknya kita pun juga sudah ada yang menjadi pekerja di luar negeri, karena era global semua bersaing. Hanya saja kita kurang bisa menerima kedatangan mereka,” ujar Saidi Mansyur saat sambutan pada Kegiatan Fasilitasi Uji/Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, di depan Stadion Demang Lehman, Martapura, Rabu (31/7/2019).

Menurut Saidi, sesuai pengalaman pribadinya, ada sebagian hal-hal yang tidak bisa dikerjakan oleh tenaga lokal, sehingga memerlukan asing.

“Bukan karena tidak ada lapangan pekerjaan untuk kita, namun karena ada pekerjaan yang tidak mampu kita kerjakan secara nasional,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjutnya lagi, melalui sertifikasi tenaga konstruksi (tukang) ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pekerja konstruksi, sehingga nantinya mampu bersaing secara nasional bahkan internasional.

“Ini bukan hanya pembinaan, tapi juga agar bisa berkelanjutan. Walaupun ini adalah pekerjaan yang paling bawah, namun dengan monitoring yang baik, Insya Allah masyarakat kita bisa menjadi lebih maju lagi di bidang pembangunan,” katanya.

Kegiatan yang diselenggarakan Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin bersama Dinas PUPR Kabupaten Banjar ini diikuti setidaknya 300 peserta tukang dari pelosok desa hingga kota. Ini yang ke-2 dilakukan setelah sebelumnya, Selasa (30/7/2019), dilaksanakan kegiatan serupa di Kecamatan Gambut. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: