Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Kenali 4 Tanda Orang yang Beracun, Berpengaruh Buruk Bagi Kondisi Mental

  • Bagikan
Ilustrasi teman. (pexels.com/cottonbro)

Manusia tercipta sebagai makhluk sosial. Sehingga akan sulit untuk tidak berinteraksi dengan yang lain.

Koranbanjar.net – Namun, nggak semua orang yang akan kamu temui itu memiliki kepribadian yang baik. Tak sedikit mereka yang miliki sifat beracun, sehingga berpengaruh buruk bagi kehidupanmu, salah satunya kondisi mental.

Agar kamu tak berlama-lama terpuruk dalam hubungan yang nggak sehat, kenali beberapa tanda orang yang beracun dan sebaiknya kamu hindari. Yuk, kita cek sama-sama!

1. Suka memotong pembicaraan

Salah satu perilaku toksik yang kerap ditemui sehari-hari, adalah kegemaran untuk memotong pembicaraan. Hal ini bisa terjadi pada orang yang egois.

Dia nggak betah untuk mendengarkan, dan inginnya selalu jadi pihak yang didengar. Dan untuk mencapai tujuannya, nggak segan-segan memotong pembicaraan, kendati sikap demikian

nggak sopan. Bergaul dengan orang seperti ini, bikin capek mental. Karena makan hati!

2. Ingin pendapatnya selalu diikuti

Ciri lain dari orang yang toksik, adalah sulit menerima perbedaan. Segala kemauan atau idenya harus dituruti. Kalau enggak, dia akan marah. Padahal, belum tentu idenya itu bagus. Atau kemauannya masuk akal untuk dipenuhi.

3. Gila kontrol

Orang yang toksik, akan berusaha mendominasi. Itulah sebabnya, mereka sangat gila kontrol. Selalu berusaha mengatur-atur, bahkan pada hal yang sebenarnya bukan jadi urusannya.

Di dunia kerja, tipe toksik seperti ini bisa ditemukan pada atasan yang nggak bisa memercayaimu. Seluruh tugas yang diminta kamu selesaikan, diatur sampai sedetail mungkin sehingga sesuai kemauannya. Atasan seperti ini, nggak memberi ruang bawahannya untuk kreatif. Semuanya mesti diselesaikan dengan caranya.

4. Penyebar aura negatif

Orang toksik yang ini memang tampak nggak berbahaya atau jahat. Tapi, dampaknya nggak kalah dahsyat bagi kesehatan mental.

Mereka senang sekali menyebarkan aura negatif. Misalnya, selalu berkeluh kesah, senang bergosip atau menyebar aib, pesimis, dan banyak sikap negatif lainnya. Akhirnya, kamu jadi tertular negatif juga gara-gara keseringan bergaul dengan mereka.

Bila ada lingkaran pertemananmu seperti ini, sebaiknya jaga jarak dari mereka. Bisa buang-buang energi kamu, dan merusak suasana hatimu! (suara/yoursay)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *