Kab Kotabaru

Kembangkan Jasling, Kadishut Tinjau Langsung Air Terjun Kamandamin

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Sebagai upaya pengembangan potensi jasa lingkungan yang berada di wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP bersama staf KPH Cantung meninjau langsung potensi jasa lingkungan berupa Air Terjun Kamandamin yang terletak di Desa Batuah, Kecamatan Pamukan Barat, Kabupaten Kotabaru.

Lokasi Air Terjun Kamandamin tersebut berada dalam kawasan Hutan Lindung yang berjarak kurang lebih 14 km dari jalan lintas Kalsel Kaltim di KM 41, sedangkan dari kantor KPHL Sengayam berjarak kurang lebih 20 KM.

Kadishut mengatakan untuk menuju Air Terjun Kamandamin tersebut, dapat menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2 sepanjang 7 km, kemudian tracking jalan 250 meter dengan pemandangan alam berupa Hutan Tropis dengan tegakan didominasi oleh jenis-jenis Dipterocarpaceae.

“Pemanfaatan jasa lingkungan seperti wisata alam yang mengacu pada prinsip ekologi dapat dijadikan alternatif untuk mendukung pembangunan kehutanan jangka panjang,” ujarnya.

Kadishut juga mengatakan bahwa pemanfaatan jasling pada Hutan Produksi adalah bentuk usaha pemanfaatan potensi jasa lingkungan dengan tidak mengubah bentang alam, tidak merusak keseimbangan unsur-unsur lingkungan, dan /atau tidak mengurangi fungsi utamanya.(hmsdishutkalsel/ana)

Tinggalkan Balasan

Close