Lifestyle

KEMBANG GULA DIJUAL HINGGA MAKKAH

MARTAPURA – Pengolahan makanan khas Kalimantan yang satu ini, terbilang mulai langka. Namun tahukah Anda, meski pengolahnya sudah tidak banyak, tetapi pemasarannya tidak hanya beredar di Kalimantan Selatan, tetapi sudah merambah ke Pulau Jawa, bahkan go internasional.

Makanan ini dikenal dengan sebutan Kembag Gula, bentuknya unik dengan warna-warna yang menarik, sehingga mengundang siapa saja untuk mencicipinya.

Pengrajin Kembang Gula asal Martapura, Masliyah, warga Tungul Irang, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, mengaku sudah melakoni usaha Kembang Gula ini selama 40 tahun.

Dia membuat Kembang Gula dengan beberapa karyawan, semua adalah keluarganya.

“Kami memasarkan ke luar kota, seperti Jakarta dan lainnya. Bahkan sudah kami pasarkan Makkah dan Madinah,”ujarnya.

Salah seorang yang melakukan pemasaran, Jali (33), warga Kelurhan Jawa RT 1 , Kecamatan Martapura. Dia juga Beliau sering berjualan di Siring Bekantan Banjarmasin.

BACA JUGA  Mau Ziarah ke Makam Datuk Abulung, Nggak Pakai Tarif…

Untuk proses pembuatannya, dijelaskan, gampang-gampang sulit. Seperti bahan-bahannya yang lumayan mudah untuk dijumpai. Kelapa muda, gula putih, yang dimasak menjadi satu di dalam kawah. Peroses pencetakannya juga sangat unik, hanya memakai dua batang sendok makan.

Masliyah membuat Kembang Gula secara turun temurun dari ibunya yang berdarah Madura. Setelah ibunya meninggal, dia yang mewarisi keterampilan membuat makanan ini.

Dijelaskan lagi, di Martapura sangat jarang ditemui orang yang bisa membuat Kembang Gula. Hanya Masliyah yang punya keterampilan membuat Kembang Gula hingga bisa bertahan selama 1 bulan.

”Harapan saya panganan ini terus menembus pasar luar negeri tidak hanya di Makkah dan Maddinah, tapi juga ke negara-negara lain,” pungkas Masliyah.(sen)

BACA JUGA  Amanah Borneo Park jadi Pilihan, Namun Parkir tak Terarah
Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Close