Kejuaran Tarkam Kemenpora RI Digelar di Kandangan Kalsel

Pelepasan balon ke udara tanda dimulainya Kejuaraan Tarkam di Kandangan Kabupaten HSS, Jumat (7/6/2024) di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. (Sumber foto: Prokopim HSS koranbanjar.net)

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI), menggelar Kejuaraan Olahraga Antar Kampung (Tarkam) di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net – Event diselenggarakan selama 3 hari, mulai 7 sampai 9 Juni 2024, dengan mempertandingkan cabang olahraga bulu tangkis, lari, senam, dan bola voli.

Pembukaan ditandai pelepasan balon ke udara, oleh Analis Ahli Kebijakan Kemenpora Wisler Manalu, Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah, Pj Ketua TP PKK Rusnawati, dan Sekretaris Daerah Muhammad Noor, Jumat (7/6/2024) di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Analis Ahli Kebijakan Kemenpora RI Wisler Manalu mengatakan, kejuaraan Tarkam bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk senantiasa tetap aktif berolahraga agar sehat dan bugar.

“Ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya kejuaraan Tarkam, dan untuk tahun ini diselenggarakan di 100 kabupaten atau kota di Indonesia,” beber Wisler Manalu.

Pj Bupati HSS Hermansyah mengucapkan terima kasih kepada Menpora RI, yang menyelenggarakan kegiatan Tarkam di Bumi Rakat Mufakat.

“Alhamdulillah, dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, hanya di Kabupaten HSS dilaksanakan. Tentu bagi kita ini adalah sesuatu yang membanggakan, karena event Tarkam ini kita menjalin tali silaturahmi melalui berolahraga antar masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, event tersebut dapat menjaring bibit-bibit muda atau talenta muda di bidang olahraga.

“Walaupun kegiatan ini sifatnya antar kampung, tetapi paling tidak ada bibit-bibit baru yang akan muncul di Kabupaten HSS, yang mungkin saja bisa membawa nama harum Kalimantan Selatan,” ujar Hermansyah.

Hermansyah berharap, kejuaraan Tarkam bisa mewujudkan Indonesia bugar di 2045.

Ia menuturkan, kegiatan olahraga di Kabupaten HSS cukup meriah.

Bahkan ujarnya, pihaknya akan menyiapkan agar Kabupaten HSS menjadi kota olahraga di Indonesia. Sehingga, dicita-cita pemerintah, 100 tahun Indonesia bugar, simpulnya ada di Kabupaten HSS.

(dvh/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *