oleh

Keberangkatan Jamaah Haji Masih Belum Ada Kepastian, Manasik Terancam Online

Keberangkatan jamaah calon haji Banjarmasin hingga saat ini belum ada kepastian. Ihwalnya, Kementerian Agama Banjarmasin masih menunggu keputusan Arab Saudi mengenai keberangkatan haji di tengah pandemi virus corona.

BANJARMASIN, Koranbanjar.net – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Banjarmasin, Burhan Noor mengatakan, jamaah calon haji Banjarmasin tahun ini berjumlah 691 orang.

Dia menyatakan, jika keberangkatan jamaah calon haji tahun ini memang dibatalkan, maka mekanisme selanjutnnya akan ditentukan Kemenag pusat.

“Apa nanti jamaah boleh menarik kembali biayanya, dalam artian uangnya atau seperti apa, itu nanti. Ada data persiapan tetap dilaksanakan sambil menunggu tahun depan. Sembari menunggu itu kita masih menunggu lagi peraturan yang harus kita persiapkan dalam rangka menghadapi pelaksanaan haji,” katanya.

Terkait pelaksanaan manasik haji di tengah pandemi, Burhan menyampaikan tetap dilaksanakan. Teknisnya dilakukan secara online maupun virtual. “Jadi ada tata caranya bagaimana nanti menyiapkan tentang manasik online,” terangnya.

Saat ini Kemenag Banjarmasin tetap melaksanakan penarikan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Pelunasan dilakukan dalam dua tahap.

“Sudah ada 600 orang yang melunasi BPIH di tahap pertama. Sisanya akan diselesaikan hari ini (Rabu, 20 Mei 2020),” ucapnya. (ags/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: