oleh

Keberangkatan Calon Jamaah Haji Dipastikan Mulai 5 Juli

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Gelombang pertama keberangkatan calon jamaah haji se Indonesia tahun ini dipastikan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Arfi Hatim, diberangkatkan mulai 5 hingga 19 Juli mendatang.

Kemudian, keberangkatan gelombang kedua menyusul pada 20 Juli sampai 5 Agustus. Keberangkatan dibagi menjadi 19 kloter dari 13 embarkasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Nantinya penempatan jamaah haji Indonesia di Mekah dibagi sesuai zonasi daerah berdasarkan asal embarkasi masing-masing,” ujar Alfi, saat menghadiri pengukuhan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, pagi tadi (21/6/2019).

Dia menambahkan, dengan keterbatasan armada pesawat dan masa operasional untuk penerbangan haji tahun ini, diharapkan pengisian kapasitas penumpang pesawat di masing-masing embarkasi haji harus berjalan dimaksimalkan.

Dinas Haji Jakarta Bidang Perencanaan Haji Garuda Indonesia, Budi Haryono, pesawat yang akan memberangkatkan calon jamaah haji tiba pada 2 Juli. “Jenis pesawatnya airbus 330 seri 200, disewa dari Portugal, untuk high flight seperti tahun lalu satu unit dan sudah termasuk pilotnya,” ucapnya

Untuk keberangkatan pulang gelombang pertama ke tanah air nantinya dijadwalkan mulai 17 sampai 30 Agustus. Sedangkan gelombang kedua dipulangkan mulai 30 Agustus sampai 15 September. (ykw/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: