BNN

Kebakaran Kalsel Terkini, 10 Rumdin Guru di Gambut Ludes Dimakan Api

  • Bagikan
Kebakaran Kalsel terkini di wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar yang menghanguskan 10 rumah dinas. (foto: leon)
Kebakaran Kalsel terkini di wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar yang menghanguskan 10 rumah dinas. (foto: leon)

Kebakaran di Kalimantan Selatan kembali terjadi. Terkini, hanya dalam waktu sekitar satu jam, 10 rumah dinas (rumdin) guru di Jalan Ahmad Yani, Km 15 Gambut, RT 22 Kelurahan Gambut, samping Kantor Camat Gambut Kabupaten Banjar ludes dimakan api, Sabtu, (25/9/2021) sekitar pukul 14.00 WITA.

BANJAR, koranbanjar.net – Peristiwa kebakaran terkini di Kecamatan Gambut, Kalimantan Selatan telah mengegerkan masyarakat dan sejumlah Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dari beberapa daerah.

Kebakaran di Gambut, Kalimantan Selatan ini telah menghanguskan sekitar 10 rumah dinas guru dari Kabupaten Banjar. Rumah-rumah yang terbakar merupakan tempat tinggal para guru Sekolah Dasar dan SMP.

Ketua RT 22 di Kelurahan Gambut, Sahruji kepada koranbanjar.net menuturkan, kebakaran yang menghebohkan masyarakat Gambut ini bermula dari api di rumah milik seorang nenek yang sudah meninggal dunia, biasa disebut Nenek Lubis.

Rumah pertama yang terbakar itu dihuni 3 cucu si nenek yang bernama Lubis, Rama dan Aldi.

“Kata warga tadi, salah satu cucunya (Nenek Lubis) sempat menyalakan korek api, dan mungkin menyalakan obat nyamuk,” tuturnya.

Namun demikian, Sahruji tidak berani memastikan penyebab kebakaran tersebut. Dia berharap aparat kepolisian bisa segera mengungkap motif kebakaran ini.

Aparat desa dan Babinsa Gambut, Kabupaten Banjar sedang melakukan koordinasi membantu korban kebakaran di Gambut, Kalsel. (foto: leon)
Aparat desa dan Babinsa Gambut, Kabupaten Banjar sedang melakukan koordinasi membantu korban kebakaran di Gambut, Kalsel. (foto: leon)

“Kita serahkan saja kepada pihak berwajib untuk menyelidiki kebakaran ini,” ujarnya.

Ironismya, saat kejadian, sebagian penghuni rumah sedang tidak ada, menurutnya sebagian penghuni sedang liburan, sebagian ada yang ziarah.

“Mungkin lagi liburan dan juga ada yang ziarah, kebetulan angin tadi sangat kencang, sehingga dengan sekejap api langsung membesar,” ungkapnya.

Selain itu dia juga berharap pemerintah segera memberikan bantuan, karena warga yang terdampak tidak sempat menyelamatkan barang-barang hanya beberapa warga yang berhasil menyelamatkan harta.

“Itu pun juga tidak banyak, hanya barang yang dianggap penting,” ucapnya.

Sementara itu, Babinsa Koramil Gambut, Warsito menambahkan, data rumah warga yang terbakar adalah milik Ikhsan, Heri, Ina, Aspuliansyah, Arifin, H Patriansyah, Raudah, Nini Aldi, Lina, dan satu rumah kosong. Total rumah yang dimakan api 10 buah, ditempati 39 jiwa.

Dikatakan Warsito, piha Koramil, Kapolsek dan kecamatan serta kelurahan sudah berkoordinasi menyiapkan konsumsi dan penginapan sementara. “Kami selaku Babinsa hanya itu yang dapat dilakukan,” tukasnya.

Peristiwa kebakaran terkini di Kecamatan Gambut ini membuat 39 jiwa harus kehilangan tempat tinggal, dan mereka akan tinggal di tempat penampungan sementara.(yon/sir)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =