Kayu Liar Tak Bertuan Diamankan KPH Tabalong

oleh -75 views
Kayu Liar Tak Bertuan Diamankan KPH Tabalong
Kayu illegal logging diamankan KPH Tabalong. (Foto: ist/koranbanjar.net)

TANJUNG, koranbanjar.net – Puluhan batang kayu liar tak bertuan diamankan (KPH) Tabalong yang sedang berpatroli, Sabtu (12/10/2019).

Kayu jenis meranti dan rimba campuran ini disinyalir merupakan hasil aktivitas ilegal alias penebangan liar. Selanjutnya, kayu sebanyak 34 batang ditinggal kabur pemiliknya itu dibawa ke Dinas Kehutanan Kalsel di Kota Banjarbaru.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memang masih marak terjadi, namun tidak membuat tim pengamanan hutan menjadi lengah terhadap kegiatan illegal logging. Petugas tetap siaga dan hasilnya ditemukan kayu-kayu tersebut.

Kasi Linhut KPH Tabalong Zainal Abidin menengarai, kayu-kayu yang mereka temukan bukan dimiliki oleh masyarakat. Ada kemungkinan pemiliknya adalah oknum-oknum tertentu. Bahkan indikasi menjadi pemasok dan perambah hutan. Tetapi, Zainal Abidin tak dapat memastikan oknum terkait.

“Kayu segera kami amankan, sebelum nanti disalah gunakan,” katanya, yang mengantar langsung kayu-kayu sitaan dan tak bertuan ke Banjarbaru bersama anggota TKPH Tabalong.

Mengapa dia bisa menyimpulkan masih ada perambahan hutan, karena sebut dia, aktivitas penebangan pohon-pohon tetap berlangsung dengan ditemukannya kayu-kayu dan kerusakan hutan.

“Perambah hutan beraktivitas menebangi pohon di rimba-rimba Kalsel, termasuk di Tabalong. Ini harus kita perangi bersama-sama, tidak hanya tugas tim pengamanan hutan. Jika tidak, rusak dan hancur hutan kita,” tegas dia. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan