oleh

Kantong Plastik di Toko Retail Modern akan Digantikan Bakul Purun

-Banjarbaru-13 views

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru melakukan sosialisasi terhadap pengurangan kantong plastik kepada para pelaku usaha retail (toko-toko pengecer) modern di wilayah Kota Banjarbaru, Kamis (20/9). Sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dari aturan Perwali Nomor 6 Tahun 2016.

Menurut Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, yang berhadir dalam acara sosialisasi sekaligus membuka acara sosialisasi tersebut, mengatakan, bahwa sosialisasi ini merupakan suatu gerakan kampanye nasional.

“Gerakan ini perlu kita laksanakan dengan sinergi yang baik antara Pemerintah Kota Banjarbaru dan pelaku usaha retail,” ujarnya.

Tujuan sosialisasi ini, dilanjutkannya, agar mengurangi pemakaian kantong plastik di toko-toko retail modern yang ada di Kota Banjarbaru, yang mana nantinya fungsi dari kantong plastik tersebut akan digantikan dengan bakul purun (kantong berbahan purun).

“Sebelum kita mengurangi pemakaian kantong plastik atau menghentikannya, kita sudah memiliki jalan keluar untuk hal tersebut, yaitu dengan menggunakan sebuah prodak lokal, yakni bakul purun dari kampung purun,” katanya.

Untuk itu, ditambahkannya, para pelaku usaha di toko retail modern harus menyediakan bakul purun pada setiap tokonya masing-masing.

“Ini kita terapkan selama beberapa bulan, kemungkinan hingga 2019 nanti. Kemudian baru kita menyasar ke pasar tradisional,” jelasnya.

Seperti diketahui, kantong plastik saat ini menjadi mayoritas sampah rumah tangga sebagai dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan kantong plastik untuk membawa barang-barang belanjaan. (maf/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: