Kandangan Book Fair 2019, Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

oleh -67 views
Kandangan Book Fair 2019, Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat
Sekdakab HSS Muhammad Noor (baju sasirangan kuning) saat meninjau stan Kandangan Book Fair 2019, Kamis (12/9/2019) (foto: hidayat/koranbanjar.net)

KANDANGAN, koranbanjar.net – Generasi muda rajin membaca diharapkan dapat mengurangi dampak negatif kemajuan teknologi. Untuk itu, Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) berupaya meningkatkan minat baca masyarakatnya dengan mengadakan event Kandangan Book Fair 2019.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) HSS Muhammad Noor saat membuka event Kandangan Book Fair 2019, Kamis (12/9/2019) di depan Gedung MTQ Kandangan.

Menurut Muhammad Noor, membaca banyak sekali manfaatnya, utamanya menambah ilmu pengetahuan, meningkatkan kecerdasan, khususnya pada anak-anak.

Muhammad Noor berharap, kegiatan Book Fair dapat menarik minat masyarakat, untuk menyukai buku dan rajin untuk membacanya.

Ditambahkannya, dengan adanya event book fair itu, minat baca akan naik, sehingga bisa meminimalisir dampak negatif dari kemajuan teknologi.

Dituturkannya, saat ini generasi muda sedang berada pada kondisi melek teknologi. Satu sisi, memberikan kemudahan dan kecepatan informasi, namun di sisi lain juga dapat membawa dampak negatif.

“Seperti hilangnya interaksi sosial anak, kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan yang lebih parah dapat mengurangi kecerdasan akibat gelombang elektromagnetik ke otak,” paparnya.

Kandangan Book Fair 2019 dilaksanakan 12 hingga 21 September 2019 menyajikan berbagai kegiatan. Di antaranya pasar buku dan temu insan buku, paket seni hiburan pendidikan (anak sekolah), ajang temu usaha kecil dan menengah (UKM), lomba bercerita (SD Sederajat) dan lomba mewarnai (TK).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HSS Tajiddinnoor menyampaikan, Kandangan Book Fair 2019 dilaksanakan untuk menyediakan sarana informasi, transaksi, dan komunikasi masyarakat, guna mewujudkan Kabupaten HSS sadar buku.

Selain itu, juga untuk meningkatkan serta memasyarakatkan minat dan budaya baca pada masyarakat, mengkampanyekan buku sebagai sumber belajar, serta memfasilitasi masyarakat agar bisa membeli buku dengan harga yang murah dan terjangkau. (yat/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan