Kamtramtibmas Dituntut Harus Lebih Responsif dan Tanggap

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Potensi konflik horisontal maupun vertikal yang mengarah pada gerakan separatisme, terorisme serta berbagai bentuk kejahatan lainnya, harus ditangani secara profesional dengan meningkatkan koordinasi lintas sektoral.

Hal ini ditegaskan Gubernur Kalsel, Sabirin Noor, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten I Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Siswansyah, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Terpadu Penyelenggaraan Keamanan, Ketentraman, dan Ketertiban Masyarakat (Kamtramtibmas) 2018, Selasa (27/11).

“Untuk itu, tim pengendali terpadu Kamtramtibmas harus tetap responsif dan tanggap terhadap berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban,” ujar gubernur.

Pemprov Kalsel, lanjut dibacakan Siswansyah, terus mendorong upaya peningkatan ketertiban dan ketentraman masyarakat, terutama dalam menghadapi tuntutan perubahan dan dinamika perkembangan sosial yang begitu cepat.

“Oleh sebab itulah, peran, tugas dan fungsi tim pengendalian terpadu –Kamtramtibmas– di wilayah Kalsel, sangat penting,” katanya.

Disampakan SIswansyah, dari kacamata pembangunan daerah, perlu kiranya menciptakan kondisi ketentraman dan ketertiban bagi seluruh pemangku kepentingan.

Sementara masyarakat, juga harus menyadari bahwa menjaga ketentraman dan ketertiban bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah dan aparat saja, melainkan sebuah tanggung jawab yang harus dijaga bersama.

Dalam sambutan tertulis tersebut, gubernur mengakui, tantangan ke depan akan semakin berat. Pasalnya dalam waktu dekat, Indonesia akan menghadapi pesta rakyat, yaitu pemilu legislafif dan pemilihan presiden.

Pada kesempatan rakor ini, Kepala Satpol PP dan Damkar Kalsel, Syamsir Rahman, mengatakan, agar kegiatan di daerah tidak monoton, maka dalam rakor kali ini dilakukan evaluasi mengenai apa saja yang sudah dan akan dilakukan oleh pihak kabupaten / kota masing-masing.

“Karena itu, saya mengajak untuk saling sharing apa saja yang menjadi kekurangan dan perlu dibenahi. Sejatinya, Satpol PP juga mempunyai peran aktif dalam menjaga keamanan dalam membantu tugas TNI dan Polri,” kata Syamsir Rahman. (banjargroup/dny)