oleh

Kadishut Kalsel Berikan Pembekalan Petugas Pendamping RHL

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Usai menghadiri undangan Rakornas terkait percepatan implementasi reklamasi hutan dan rehabilitasi DAS di Kementerian LHK beberapa waktu lalu, dan Kalsel berhasil meraih tiga penghargaan, Kadishut Prov Kalsel DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP diundang untuk memberikan arahan dalam acara Pembekalan Petugas Pendamping RHL di Fave Hotel Banjarbaru (26/04/2019).

Berhadir pula sebagai nara sumber Kepala BPDAS Barito dan Plt Sekjen Pengendali DAS dan HL Kementerian LHK. Kadishut Kalsel memaparkan target luasan RHL tahun 2019 adalah seluas 8.300 hektare pada 5 KPH dengan biaya hingga 73 M. Lokasi RHL pada 5 KPH tersebut diantaranya, KPH Balangan 1250 hektare (5 blok), KPH Hulu Sungai 2.075 hektare (10 blok), KPH Kayu Tangi 3.131 hektare (5 blok), KPH Tanah Laut 949 hektare (4 blok) dan KPH Pulau Laut Sebuku 895 hektare (3 blok).

Pengawasan dilakukan tim pengendali RHL, Pengarah Kepala BPDAS Barito, Koordinator Kabid PDAS RHL Dishut Provinsi Kalsel, anggotanya kepala KPH yang ada kegiatan RHL, dan di lapangan dibantu petugas pendamping RHL. Pendamping RHL bertugas pada setiap blok dengan total pendamping untuk wilayah Kalsel sebanyak 35 orang.

Dalam kesempatan itu Kadishut Kalsel memberikan beberapa arahan diantaranya, pembangunan persemaian agar dipantau oleh UPT Dishut BPTH sejak awal sehingga produksi bibit berjalan dengan lancar sesuai tata waktu dan bibit yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Lay out dan kualitas persemaian yang dibangun agar sesuai dengan standar RHL telah ditetapkan kemen LHK. “Setelah kegiatan RHL berakhir agar sarpras persemaian yang sudah dibangun dapat kembali dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Rencananya untuk tahap awal akan dibangun persemaian pada setiap poligon RHL di lokasi dekat penanaman, dan target penanaman dilakukan pada bulan Okober-Nopember 2019.(dshtprovkalsel)

Komentar

Berita Terkini