MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

Kader HMI Dilatih untuk Siap Hadapi Masalah Sosial

BARABAI, KORANBANJAR.NET – Untuk menyiapkan regenerasi kader Himpunan Mahasiswa Islam yang siap membangun bangsa, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Barabai menggelar latihan kader (LK) 1 yang dilaksanakan mulai tanggal 31 agustus hingga 2 September di Dinas Penanaman Modal, PTSP dan ketenagakerjaan Kabupaten HST.

Kegiatan pengkaderan ini mengambil tema Menumbuhkan Kesadaran Akan Peran dan Fungsi Mahasiswa Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Latihan Kader 1 ini diikuti oleh 26 peserta yang merupakan mahasiswa baru STAI Al-Washliyah Barabai dan Universitas Terbuka Balangan.

Ketua umum HMI Cabang Barabai, Muhammad Yusuf berharap semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa terutama mahasiswa baru yang mengenal dunia perkuliahan agar lebih aktif tidak hanya kuliah namun juga berorganisasi untuk menambah jaringan.

“Pengkaderan HMI dimaksudkan untuk mempersiapkan para generasi untuk dapat bersikap dan menghadirkan solusi terhadap segala permasalahan di kehidupan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Karena setiap generasi ada masanya, lanjutnya, termasuk generasi atau tokoh besar saat ini. Oleh sebab itu, niatkan dari sekarang bahwa masuk di HMI semata-mata untuk belajar dan menjadi seorang tokoh besar pada masa yang akan datang.

Ketua Pelaksana LK 1 HMI Cabang Barabai, Majidi mengharapkan dengan diadakannya kegiatan tersebut, mampu mengeluarkan kualitas kader yang mampu bersaing dan berperan aktif dalam menghadapi perkembangan zaman dalam segi kebaikan.

“Karena kegiatan ini bukan hanya membahas materi-materi wajib tentang HMI saja, namun juga membahas materi-materi yang berhubungan baik dalam menguatkan kualitas mahasiswa namun bisa berguna di masyarakat nanti, seperti publik speaking, jurnalistik, alisis dan sebagainya,” tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, baik dari pengurus cabang atau pengurus komsat kami tidak memberikan kuantitas tapi kami memberikan kualitas, dan semoga kader HMI yang baru mengadakan LK1 ini istiqamah dalam mengikuti kegiatan-kegiatan atau program-program baik yang diadakan cabang atau komsat sebagai follow up,” ujarnya.

Raudah peserta LK 1 mengatakan sangat bangga bisa ikut HMI, sebab HMI merupakan organisasi mahasiswa yang sejak dulu ia kenal.

“Bahkan sejak masih duduk di sekolah dasar saya sudah mengenal apa itu HMI sebab kakak saya pernah ikut di organisasi ini, memang banyak orang bilang organisasi HMI ini organisasi yang dibilang anarkis, tapi itu tidak bagi saya,” kata alumni MAN 2 HST ini.(ami/ana)