oleh

Jumlah Penderita ISPA di Kecamatan Cempaka Meningkat

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Kabut asap akibat dari karhutla yang terjadi selama beberapa minggu terakhir, mengakibatkan sebagian masyarakat salah satunya di wilayah Kecamatan Cempaka terkena penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

Hal itu tersebut dikatakan oleh Surveilans Puskesmas Cempaka, Muhammad Yusuf yang menurut hitungannya dalam minggu terakhir ini memang naik.

“Pada bulan Agustus 89 orang, lalu dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 2 September sebanyak 86 orang, selanjutnya dari 3 September sampai 10 September 63 orang, dan 11 September sampai 18 September 77 orang. Itu hitungan per minggu saja,” ucapnya saat ditemui di Puskesmas Cempaka, Kamis (20/09).

Menurutnya, kenaikan tersebut tidak signifikan. Karena wilayah Cempaka bukan titik utama terjadinya Karhutla, dan juga tidak mengarah ke Cempaka.

“Karena kabut di wilayah Cempaka tidak terlalu mengarah ke Cempaka, maka peningkatan tidak signifikan,” ujarnya.

Meningkatnya jumlah ISPA ini menurutnya juga buka seluruhnya karena asap.”Tetapi karena populasi penduduk Cempaka yang banyak,” katanya.

Kisaran umur yang terkena ISPA diantaranya dari umur balita hingga anak-anak. “Usia kisaran dari 1 tahun sampai dengan 5 tahun lebih,” ujarnya.

Sementara itu, data dari Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru menunjukan bahwa angka penderita penyakit ISPA di Kota Banjarbaru meningkat cukup signifikan.

Pada bulan Juli 2018, ada sekitar 3805 kasus, pada bulan sebelumnya ada 2867 penderita ISPA, dan pada Agustus terjadi peningkatan dengan total 3979 penderita.(maf/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: