oleh

Juara Utuh Aluh HSS 2019 Ingin Kembangkan Wisata dan Budaya

KANDANGAN, koranbanjar.net – Grand Final Utuh & Aluh Hulu Sungai Selatan (HSS) 2019, menghasilkan Utuh Amin dan Aluh Nadya sebagai pemenang. Keduanya berharap bisa mengembangkan dan menggali potensi budaya dan wisata di HSS lebih dalam lagi, dan memperkenalkannya.

Grand Final Utuh Aluh HSS dilaksanakan Sabtu (3/8/2019) malam di panggung terbuka Darmasyah Zauhidie Kandangan, menampilkan 6 pasang finalis utuh dan aluh.

Utuh Amin mengatakan setelah terpilih ini, ia ingin sekali menggali wisata yang ada di HSS agar bisa lebih berkembang lagi. “Bisa masuk ke ranah yang lebih jauh lagi dengan memperkenalkan ke daerah sendiri sampai ke daerah lain, ke provinsi lain, bahkan untuk lebih jauh lagi ke mancanegara,” papar pemuda bernama lengkap Muhammad Amin itu.

Pemenang Utuh Aluh HSS otomatis diikutkan dalam ajang Nanang Galuh Provinsi Kalimantan Selatan. Disinggung mengenai itu, Aluh Nadya mengatakan secara pribadi ingin sekali membawa perubahan bagi HSS, dengan berusaha maksimal agar berprestasi.

Seluruh Finalis Utuh dan Alu HSS 2019
Seluruh Finalis Utuh dan Alu HSS 2019 (foto: kominfo HSS)

“Dan kami ingin membuktikan kepada masyarakat, bahwa HSS juga berprestasi bisa ke tingkat Provinsi,” ujar siswa kelas 12 SMAN 2 Kandangan yang bernama lengkap Nadya Puteri Utami itu.

Di HSS masih banyak literasi kebudayaan yang belum tergali maksimal. Disinggung mengenai itu mereka berdua senada untuk berusaha maksimal, ikut menggali berbagai kebudayaan daerah dan aktif dalam melestarikannya.

“Karena di daerah kita sangat kaya dengan berbagai macam bahasa, kebudayaan dan kesenian, tentunya harapan kami nantinya setelah bertugas kami bersama kawan-kawan pawadahan Utuh Aluh HSS akan semaksimal mungkin untuk bisa terus aktif dalam pelestarian budaya,” Ujar Utuh Amin lagi yang diiyakan Aluh Nadya, kepada koranbanjar.net usai pelaksanaan acara yang berakhir hingga tengah malam itu.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) HSS Nordiansyah mengatakan berharap pemenang bisa menjadi duta Pemerintah Kabupaten HSS dalam mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada di daerah.

“Juga bisa memberikan informasi-informasi terkait dengan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten HSS, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan,” imbuhnya.

Selain itu Nordiansyah mengimbau kepada pemenang bisa mempersiapkan diri, dalam mengikuti event Nanang Galuh tingkat Provinsi Kalsel yang digelar September 2019 nanti. (yat/dra)

 

Seluruh Finalis Utuh dan Alu HSS 2019
Seluruh Finalis Utuh dan Alu HSS 2019 (foto: kominfo HSS)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: