Baznas

Jokowi, Bukan Presiden Pertama yang Akan ke Sekumpul, Ini Fakta Tokoh Nasional yang Pernah Jumpai Guru Sekumpul

  • Bagikan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke Komplek Ar Raudah Sekumpul di Kota Martapura pada Minggu 25 Maret 2018 mendatang dalam momen Haul ke 13 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau biasa disebut Guru Sekumpul, bukanlah tokoh nasional pertama yang akan menginjakkan kaki di Musala Ar Raudhah Sekumpul.

Berdasarkan data yang dihimpun koranbanjar.net, sebelumnya sudah cukup banyak tokoh nasional, bahkan Presiden terdahulu maupun publik figur yang pernah bertamu atau sowan menjumpai Guru Sekumpul semasa masih hidup.

Beberada Presiden yang pernah bertemu Guru Sekumpul, antara lain, Presiden RI kedua, Soeharto dan Presiden keempat, Abdurrahman Wahid atau Gusdur.

Adapun tokoh nasional lainnya yang juga pernah menjumpai Guru Sekumpul semasa hidup, antara lain, Hamzah Has semasa menjabat sebagai Wakil Presiden dan Menteri Penerangan di era Orde Baru, Harmoko.

Sementara itu, da’i nasional yang juga pernah menjumpai Guru Sekumpul, di antaranya, KH Zainuddin MZ dan Aa Gym.  Sedangkan publik figur, antara lain, mendiang Crisye, dan mendiang Nike Ardilla.

Deretan tokoh nasiona, da’i dan publik figur yang tersebut di atas hanya sebagian di antaranya, masih banyak lagi deretan para tokoh yang pernah sowan menjumpai Guru Sekumpul.

Belum termasuk, tokoh ulama besar, baik dalam negeri maupun luar negeri seperti dari Makkah, Madinah, Mesir maupun Hadramout yang pernah menjumpai Guru Sekumpul. Sedangkan jumlah pejabat daerah setingkat Danrem, Kapolda, Bupati maupun Walikota yang datang bertamu menjumpai Guru Sekumpul semasa hidup sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. (sir)   

  • Bagikan