Jika Gerindra ke Nadjmi-Jaya, Apakah PDIP Dukung Aditya-Iwansyah?

oleh -244 views
Tiga kubu bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilwali Banjarbaru 2020. Namun sementara ini Halim masih belum menetapkan pasangan. (foto: donny irwan/koranbanjar.net)

BANJARBARU, koranbanjarnet – Peta politik Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Banjarbaru 2020 semakin terbuka lebar setelah isyarat dukungan dari Partai Gerindra kepada petahana Nadjmi Adhani-Darmawan Jaya, dinyatakan Ketua DPD Gerindra Kalsel, Abidin HH, secara jelas.

Menurut Abidin pemeritahan di Banjarbaru yang akan datang memerlukan pemimpin yang berpengalaman. “Banjarbaru merupakan pilot perkantoran, karenanya untuk pemerintahan di Banjarbaru yang akan datang, Provinsi Kalsel perlu wali kota yang berpengalaman,” kata Abidin saat halal bihalal dan silatruahmi pengurus DPC Gerindra Banjarbaru, Sabtu (27/7/2019), di Lesehan Antara, Banjarbaru.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

Melihat ada kesempatan dukungan dari partai berlambang kepala burung garuda itu, Nadjmi Adhani yang memang secara pribadi mempunyai kedekatan emosional dengan Partai Gerindra, tak ingin menyiakannya.

Saat berhadir di acara silatruahmi pengurus DPC Gerindra Banjarbaru, Nadjmi bahkan menyatakan diri bahwa pencalonannya dalam Pilwali 2020 nanti tak akan melalui jalur independen lagi.

“Saya tidak ingin independen lagi. Saya berharap seluruh keluarga besar Gerindra membukakan pintu untuk kami (Nadjmi-Jaya),” ujar kader Partai Golkar itu.

Ketua Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Kalsel itu optimis akan ada pertemuan berikutnya antara Partai Gerindra dengan dirinya beserta Jaya, terkait pembicaraan mengenai dukungan.

“Melihat sinyal yang ada, Insya Allah akan ada pembicaraan berikutnya. Semoga dapat berjalan sesuai harapan kita bersama,” kata Wali Kota Banjarbaru itu.

Rencananya, dalam minggu ini DPC Gerindra Banjarbaru melaksanakan pertemuan antar pengurus partai untuk menetapkan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung. Nama pasangan bakal calon yang diusung harus dibawa Ketua DPC Gerindra Banjarbaru ke DPD Gerindra Kalsel paling lambat akhir Agustus mendatang, untuk ditetapkan resmi melalui SK partai.

Jika pada akhirnya partai peraih 6 kursi di DPRD Banjarbaru itu memang menetapkan Nadjmi-Jaya sebagai bakal calon yang diusung dalam Pilwali 2020, lantas bagaimana dengan arah dukungan PDIP yang memperoleh 3 kursi di DPRD Banjarbaru dan merupakan rival besar Gerindra dalam koalisi nasional di Pilpres 2019 lalu?

Beberapa hari sebelum halal bihalal dan silaturahmi yang digagas Ketua DPC Gerindra Banjarbaru itu dihelat, koranbanjar.net telah mengkonfirmasi Ketua PDIP Banjarbaru, Wartono.

Dia menyatakan PDIP sudah melakukan pendekatan dengan kubu Aditya Mufti Ariffin-AR Iwansyah, yang sebelumnnya telah menyatakan diri siap maju dalam Pilwali Banjarbaru melalui dukungan PPP (4 kursi) dan Golkar (5 kursi). “Sementara ini pendekatan yang dilakukan memang ke situ (Aditya-Iwansyah),” ungkapnya saat dihubungi koranbanjar.net melalui telepon, Kamis (18/7/2019).

Meski demikian, Wartono belum bisa memastikan bakal calon mana yang akan diusung PDIP dalam Pilwali Banjarbaru nanti. “Politik itu dinamis, semua bisa terjadi,” ucapnya.

Lalu bagaimana dengan Dokter Abdul Halim yang juga sudah menyatakan diri siap mencalon jadi wali kota dalam Pilwali Banjarbaru?

Baca Juga: Indikasi Gerindra Dukung Nadjmi di Pilwali Makin Jelas

Baca Juga: Petahana Ingin Didukung Gerindra, Nadjmi: Karena Partai Saya Sudah Ada yang Lain

Pasca pernyataan diri Ketua DPC Gerindra Banjarbaru, Syahriani Syahran, Sabtu kemarin, yang mengatakan dirinya tak akan maju dalam Pilwali Banjarbaru 2020 karena faktor usia, kabar dokter spesialis penyakit dalam asal Barabai yang mengaku memliki basis dukungan dari kalangan relawan 02 (pendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019) itu, hingga kini belum terdengar melirik bakal pendamping baru.

Padahal, seperti diberitakan koranbanjar.net sebelumnya, pria yang juga punya hubungan dekat denga PKS dan Gerindra itu telah menemui Syahriani Syahran.

Baca Lainnya: Ketua Gerindra Banjarbaru Tak Maju Dalam Pilwali Karena Faktor Usia

Baca Juga: Daftar Lengkap Para Anggota Legislatif DPRD Banjarbaru 2019-2024

Kendati begitu, Halim telah menyatakan dalam pertemuannya dengan Ketua Gerindra Banjarbaru tersebut belum terjadi kesepatakan mereka akan berpasangan di Pilwali 2020. “Tunggu saja perkembangan dan kepastiannya, yang jelas mereka (pendukung Halim) tetap ingin saya maju dalam Pilwali Banjarbaru 2020,” tandasnya. (dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *