oleh

Jembatan Gantung di Tebing Tinggi, Ambruk Sebelum Diperbaiki

Ambruknya jembatan gantung di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalsel mendapatkan perhatian dari Dinas PUPR Kabupaten Balangan. Jembatan ini ambruk sebelum diperbaiki, padahal sudah siap dianggarkan

BALANGAN,koranbanjar.net – Insiden yang menyebabkan terganggunya akses warga ke tempat usaha tani, membuat PUPR Kabupaten Balangan bergerak.

Pasalnya, rencana perbaikan jembatan akan dilaksanakan pada akhir tahun ini oleh Pemkab Balangan melalui PUPR Kabupaten Balangan.

Disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus, PUPR Kabupaten Balangan sudah mengajukan usulan untuk perbaikan jembatan. Bahkan sebelum jembatan itu ambruk.

“Anggaran untuk usulan perbaikan jembatan itu sudah disetujui oleh DPRD Kabupaten Balangan,” katanya, Jumat (9/10/2020).

Sehingga memang akan dilakukan perbaikan dalam tempo dekat. Hanya saja jembatannya rusak sebelum diperbaiki.

Jelasnya, rencana perbaikan jembatan gantung Desa Sungsum sudah ditinjau oleh konsultan. Sehingga telah ada pula angka yang dianggarkan untuk perbaikan.

Saat ini, PUPR Kabupaten Balangan menganggarkan Rp160 juta untuk renovasi jembatan. Sedangkan untuk pergantian, anggaran belum mencukupi.

Perbaikan dimaksud yakni renovasi jembatan menggunakan bahan yang ada. Penarikan tali dan perbaikan tiang penyangga juga akan dilakukan. Serta rehab lantai jembatan.

Panjang jembatan diperkirakan mencapai 50 meter. Sementara lebarnya sekitar 1,5 meter.

“Akhir tahun, pengerjaan jembatan diperkirakan selesai. Sehingga warga kembali bisa melintasi jembatan tersebut,” kata dia. (kominfobalangan/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: