Tak Berkategori  

Jembatan Desa Sungai Cuka Jebol, Menyebabkan Keadaan Ini….

PELAIHARI, koranbanjar.net – Ruas jalan pada jembatan Desa Sungai Cuka, Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut mengalami jebol hingga bagian cor betonnya habis terkelupas sekitar ukuran 2 x 4 meter.

Keadaan itu menyisakan tulangan besi, membuat rawan dilalui kendaraan hingga mengakibatkan kemacetan panjang antrean kendaraan roda empat dan kendaraan besar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, Achmad Sufiani mengaku sudah mendapat laporan terkait kerusakan jembatan tersebut dan akan segera melakukan koordinasi dengan pihak Balai Jalan Kementrian PUPR, lantaran jembatan tersebut statusnya jalan dan jembatan nasional yang menjadi kewenangan pihak Balai Jalan Kementrian PUPR di Banjarmasin.

“Saya sudah dapat laporan terkait kerusakan tersebut yang mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang melintas, nanti kita koordinasikan untuk dilakukan perbaikan dengan pihak Balai Jalan Kementrian PUPR karena itu kewenangan mereka,” bebernya.

Namun, untuk penanganan jangka pendek, menurutnya, akan dilakukan pemasangan plat besi agar bisa dilewati kendaraan. Kemudian akan dipasang rambu-rambu keamanan, bahkan kalau tidak efektif dengan rambu-rambu akan ditempatkan petugas jaga untuk mengatur lalu lintas. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi polemik antar sesama pengendara yang ingin saling mendahului untuk melintas melewati jembatan yang mengalami jebol.

“Untuk jangka pendek sementara akan dilakukan pemasangan plat besi agar lebih aman untuk dilintasi kendaraan, serta akan dipasang rambu pengaman. Kalau memang diperlukan akan kita tempatkan petugas jaga untuk mengatur arus lalu lintas, supaya pengemudi kendaraan tidak berebut saling mendahului melintas ruas jembatan yang jebol,” terangnya.(pri/kie)