Baznas

Jelang Iduladha, Sekda HSS Pantau Harga Kebutuhan Pokok

  • Bagikan
Sekda HSS (kanan) meninjau harga kebutuhan pokok di pasar Kandangan, Rabu (14/7/2021). (Sumber Foto: Kominfo Hulu Sungai Selatan)

Jelang Iduladha, Sekda Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs Muhammad Noor MAP memantau harga kebutuhan pokok pada dua pasar di Kandangan, Rabu (14/7/2021).

HULUSUNGAISELATAN,koranbanjar.net – Meskipun kondisi Pasar Rakyat Terpadu atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Pasar Subuh Kandangan, masih dalam kondisi basah akibat sisa hujan tadi malam, namun tidak mengurangi semangat Sekda HSS untuk meninjaunya.

Kunjungan Sekda HSS didampingi beberapa pejabat lingkup Pemkab HSS. Dirinya melakukan peninjauan harga kebutuhan pokok yang ada di sini.

Peninjauan dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya lonjakan harga yang terjadi menjelang Iduladha yang tinggal beberapa hari lagi.

Pejabat tertinggi pemerintahan di Bumi Rakat Mufakat ini juga berdialog langsung dengan beberapa pedagang, mulai dari pedagang sayur, telur, ikan, beras, ayam dan lainnya.

BACA:  Hulu Sungai Selatan Waspada Varian Baru Covid-19

Bahkan dirinya tak segan untuk menyambangi walau kondisinya sedikit agak becek akibat air hujan.

“Kita dari Tim TPID atau Tim Pemantau Inflasi Daerah, hari ini sengaja datang langsung ke pasar untuk melihat apakah ada terjadi lonjakan harga di para pedagang,” katanya.

Alhamdulillah, sambung dia, dari yang sudah disurvey tadi ternyata tidak ada lonjakan harga, paling tidak hingga saat ini.

Walaupun ada beberapa perbedaan harga antar pedagang satu dengan yang lainnya, namun tidak banyak.

BACA:  Bantu Evakuasi Korban Banjir, Rescue Gabungan Kabupaten HSS Berangkat ke Kalteng

“Ini penting kita tinjau, agar andai terjadi lonjakan harga langsung bisa diatasi oleh Dinas terkait,” ungkapnya.

Setelah di Pasar Rakyat Terpadu Jl HM Yusi Kandangan, ini peninjauan diteruskan ke pedagang daging di Pasar Amandit Kandangan. Pantauan sementara harga daging juga tetap stabil pada harga Rp130 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan, Sudiono ST M.Si mengatakan, bahwa harga kebutuhan pokok hari ini terpantau normal, termasuk daging.

“Terpenting kita jaga adalah ketersedian stok yang ada di pasar. Karena ketersediaan inilah yang bisa menyebabkan harga berfluktuasi,” ucapnya.

Khusus daging biasanya juga sangat terpengaruh permintaan pasar, Rp130 ribu per kilo, ini sudah merupakan kualitas daging super, sementara yang biasa Rp120 ribu per kilo.

BACA:  Sekda HSS Pimpin Rapat Koordinasi Bersama BPJS Kesehatan

Salah seorang pedagang daging mengatakan bahwa jumlah daging yang dijualnya tidak rata setiap harinya. Biasanya peningkatan jumlah permintaan akan terjadi pada saat warga melaksanakan selamatan, hajatan, perkawinan saja, selebihnya normal saja.

Turut mendampingi pada peninjauan kali ini adalah Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Perdagangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perikanan, Kabag Perekonomian Pembangunan dan Administrasi Pembangunan dan Camat Kandangan, serta jajaran dinas terkait. (kominfohulusungaiselatan/dya)

(Visited 3 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *