Religi  

Jelang Haul Datu Ahmad Balimau 

Makam Datu Ahmad Balimau di Desa Balimau Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Mdr/koranbanjar.net)

Kegiatan Haul Datu Ahmad Balimau di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, akan segera di gelar, panitia sudah mempersiapkan semaksimal mungkin untuk menggelar ulama besar ini yang ke 187.

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net Tak salah kalau Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki visi agamis, karena warga masyarakat di daerah ini sudah sejak dulu memang sangat lekat dengan kehidupan beragama.

Terlebih banyaknya tokoh ulama terkenal yang pernah hidup dan menyebarkan dakwah di daerah ini, salah satunya yang bahkan sangat terkenal dan makamnya banyak didatangi oleh para peziarah dari luar daerah adalah Al-‘Alimul ‘Allamah As-Syech H. Ahmad bin Mufhti Syech H. Muhammad As’ad Al-Banjary, atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Datu Balimau, sesuai nama kampung beliau dimakamkan yakni Desa Balimau. Kecamatan Kalumpang. Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sebagaimana kegiatan rutin tahunan, tahun ini kembali akan dilaksanakan Peringatan Haul Datu Balimau, yang kali ini sudah memasuki Haul Ke-187.

Pelaksanaan Haul Datu Ahmad Balimau sendiri rencananya akan dilaksanakan pada pagi Sabtu, 15 Oktober 2022 atau bertepatan dengan 19 Rabi’ul Awwal 1444 H bertempat di Masjid Darussa’adah, Desa Balimau, yang akan dimulai pada pukul 08.30 WITA.

“Untuk mengantisipasi warga yang berdatangan, kami sendiri akan melaksanakan Haul Khusus Keluarga & Relawan pada malam sabtu terlebih dahulu, bertempat di Makam Datu Balimau” ujar salah satu panitia peringatan Haul Datu Ahmad Balimau, Alamsyah.

Beliau merupakan anak ketiga dari 12 bersaudara keturunan dari mufti Syekh Muhammad As’ad bin Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad al Banjari ( Datu Kelampaian).

(mdr/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *