Januari Hingga Maret 2024, Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap RSD Idaman Kategori Baik

Layanan kesehatan RSD Idaman Kota Banjarbaru kepada warga Kota Banjarbaru. (Sumber Foto: koranbanjar.net)

Per tri wulan terhitung Januari hingga Maret 2024 ini Indeks Kepuasan Masyrakat (IKM) yang diberikan warga Kota Banjarbaru kepada Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru mendapatkan kategori Baik.

BANJARBARU,koranbanjar.net – Kategori mutu pelayanan baik dari masyarakat diperoleh nilai 80,76 persen.

Metode penilaian IKM ini disimpulkan dengan meminta pendapat kepada 108 orang responden, baik warga Kota Banjarbaru maupun pengunjung rumah sakit ternama Kota Banjarbaru tersebut.

Jumah respondenn ini berdasarkan jenis kelamin para responden terdiri 45 orang laki-laki dan 63 perempuan.
Responden dengan usia muda dan tua yang dikonfirmasi RSD Idaman Kota Banjarbaru ini berlatar belakang pendidikan berbeda-beda.

Responden berdasarkan pendidikan terakhir untuk Sekolah Dasar (SD) mencapai 11 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) ada 17 orang, sedangkan Sekolah Menengah Atas (SMA) berjumlah 47 orang, dan pendidikan diploma 7 orang, kemudian sarjana strata 1 sebanyak 21 orang, lalu  latar pendidikan profesi/S2/S3 hanya 5 orang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penilaian telah diberikan, masukan dari sobat idaman sangat bermanfaat untuk kemajuan RSD Idaman Kota Banjarbaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan,” sebut Humas RSD Idaman Kota Banjarbaru melalui sosial media instagram bersangkutan.

Sejarah Rumah Sakit  Umum Daerah Kota Banjarbaru berdiri pada tahun 1965 adalah sebuah Usaha Kesehatan Ibu dan Anak ( UKIDA ) milik Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan, pembentukannya bertujuan agar para ibu dan anak terhindar dari berbagai penyakit menular yang mewabah.

Kemudian pada tahun 1965 ditingkatkan menjadi Balai Kesehatan Ibu dan Anak  (BKIA) Pada tahun 1971 dengan  respon masyarakat yang sangat tinggi   dikembangkan lagi  dan ditetapkan menjadi sebuah Rumah Sakit Umum  type D oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kemudian RSUD banjarbaru berdasarkan Kepmenkes.104/menkes/SK/I/1995, tanggal, 30 Januari 1995 tentang peningkatan kelas RSUD Banjarbaru ditingkatkan statusnya menjadi Rumah sakit type C.

RSUD Banjarbaru pada tahun 2005 terakreditasi dengan 5 pokja yaitu:

  1. Pokja pelayanan kamar Operasi
  2. Pokja Pelayanan Laboratorium
  3. Pokja Pelayanan Radiologi
  4. Pelayanan IGD
  5. Pokja Pelayanan Medik

Kemudian dikembangkan lagi menjadi 12 pokja pada tahun 2009 yaitu:

  1. Pokja pelayanan kamar Operasi
  2. Pokja Pelayanan Laboratorium
  3. Pokja Pelayanan Radiologi
  4. Pokja Pelayanan IGD
  5. Pokja Pelayanan Medik
  6. Pokja Pelayanan Administrasi dan Manajemen
  7. Pokja Rekam medic
  8. Pokja Farmasi
  9. Pokja K3
  10. Pokja Pelayanan Keperawatan
  11. Pokja Pengendalian Infeksi
  12. Pokja Pelayanan Perinatal Resti

Saat ini RSD Idaman Kota Banjarbaru mengutip dari https://rsidaman.banjarbarukota.go.id mempunyai delapan instalasi meliputi instalasi rawat jalan, gawat darurat, rawat inap, bedah sentral, rehabilitasi medik, poli eksekutif, dan hemodialisa.

Sedangkan fasilitas penunjang medis antara lain radiologi, laboratorium, UTDRS, dan farmasi. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *