Kesehatan

Jangan Berikan Gadget pada Anak, Jika Tak Ingin Mereka Mengalami Hal ini

KESEHATAN, KORANBANJAR.NET – Perkembangan teknologi di masa sekarang tentu juga mengubah gaya hidup masyarakat, contohnya penggunaan alat telekomunikasi yang dinamakan telepon seluler (ponsel). Ponsel yang kini sudah semakin canggih yang biasanya juga disebut sebagai ponsel pintar itu sekarang bisa “dimainkan” oleh semua usia termasuk balita dan anak-anak.

Radiasi layar ponsel pintar tersebut tentu berdampak ke mata si anak yang jika dibiarkan dia akan sangat berlama-lama memandangnya untuk bermain game atau menonton video kesukaannya.

Tak jarang karena kebiasaan ini, si anak yang bahkan masih duduk di bangku sekolah dasar sudah harus bergantung dengan kacamata karena mengalami gangguan penglihatan.

Dilansir dari alodokter.com, gangguan pada mata yang sering terjadi pada anak diantaranya seperti yang dijelaskan Dr. Jati Satriyo adalah buta warna, mata juling, glaukoma (penyakit pada saraf optik mata), bufthalmus (pembesaran bola mata), katarak pada mata anak, ptosis (turunnya kelopak mata bagian atas satu atau dua bagian mata), infeksi mata, retinoblastoma (tumor ganas pada mata), rabun jauh, rabun dekat dan silinder (penglihatan kabur atau berbayang).

BACA JUGA  Apa itu Rubella?

“Penyebab dari kondisi di atas sangat beragam, antara lain karena keturunan atau riwayat dalam keluarga mempunyai kelainan atau gangguan pada mata, bawaan dari lahir, infeksi yang terjadi pada anak saat di dalam kandungan, infeksi bakteri, virus atau jamur dan cara membaca yang kurang tepat,” ujarnya.

Gadget sangat berpengaruh pada gangguan mata, lanjutnya, dikarenakan radiasi monitor, obyek lihat yang bergerak, melihat secara dekat, menggunakan gadget sambil tiduran, dan lain-lain.

“Oleh sebab itu, sebisa mungkin jauhi gadget dari anak, makan-makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin A dan perbanyak konsumsi buah dan sayur, agar mata anak selalu dalam keadaan sehat,” jelasnya.(ana)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close