Baznas

Jalan Trans Banjarmasin – Batulicin Longsor

  • Bagikan

TANAH BUMBU – Jalan trans Kalimantan jalur Banjarmasin – Batulicin, tepatnya di jalan provinsi Desa Sungai Cuka yang merupakan pintu gerbang masuk Kabupaten Tanah Bumbu dari arah Banjarmasin mengalami longsor pada bahu jalan. Dikhawatirkan, bila jalan ini tidak segera diperbaiki, maka akan membuat putus jalan utamanya penghubung antara Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut.

Lokasi longsornya bahu jalan trans Kalimantan jalur Banjarmasin – Batulicin tersebut persis di perbatasan Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu. Longsor bahu jalan trans Kalimantan ini telah terjadi sejak sekira 2 bulan silam dan hingga sekarang longsor jalan semakin lebar serta sangat membahayakan warga pengguna jalan.

Kondisi di lokasi bahu jalan yang longsor memang sedikit ekstrim, selain pada lokasi tersebut adalah tanjakan terjal juga ada tikungan tajam dan jembatan dengan jurang yang cukup dalam, sehingga bagi warga pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut harus ekstra hati-hati agar tidak mengalami musibah kecelakaan.

Pantauan Koran Banjar di lokasi, lngsor bahu jalan terlihat sudah ada papan informasi imbauan bagi pengguna jalan untuk berhati-hati, ketika melintas di ruas jalan tersebut. Karena sedang ada pekerjaan perbaikan jalan longsor.

Selain itu juga pada lokasi tersebut ditemui sejumlah tumpukan material pasak beton yangkemungkinan akan digunakan untuk pekerjaan perbaikan longsornya bahu jalan itu, serta satu unit alat berat yang terparkir rapi.

Meskipun sudah ada unit alat berat dan tumpukan material di lokasi, namun tidak sedikit pun ada terlihat pekerjaan untuk menangani longsor bahu jalan yang mengancam keselamatan pengguna jalan itu.

Sementara itu, salah warga pengguna jalan, Nazar (37) menuturkan kekhawatiranya apabila melintas di jalan tersebut, selain itu Nazar juga berharap kepada pemerintah melalui instansi yang berwenang untuk segera menangani perbaikan longsornya bahu jalan tersebut dan jangandibiarkan mangkrak seperti sekarang.

“Mudahan segera cepat dilakukan pengerjaan perbaikannya sebelum terjadi kecelakaan yang menelan korban akibat longsor jalan ini,” harapnya.(arn)

  • Bagikan