oleh

Jalan Raya Stagen Akan Dialihkan Untuk Runway Bandara Kotabaru

KOTABARU, koranbanjar.net – Setelah ditandatanganinya master plan Bandara Gusti Sjamsir Alam oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI beberapa waktu lalu, kini pelebaran bandara di Kotabaru itu mulai dikerjakan. Pengerjaan pelebaran dimulai dari penyiapan pembersihan lahan di sekitar bandara.

Pelebaran nantinya akan memakan jalan raya yang ada di samping pagar bandara, yakni Jalan Raya Stagen di depan Polsek Pulau Laut Utara, Kotabaru.

Kepala Bandara Gusti Sjamsir Alam, Ferdinan Nurdin, Rabu (28/8/2019), mengatakan jalan raya tersebut nantinya akan dipotong untuk perpanjangan runway atau landasan pacu bandara. “Tentunya akan ada pengalihan jalur di jalan itu. Kami harus mencari jalan penggantinya,” katanya.

Terkait pengalihan jalan raya untuk pelebaran bandara, dia menjelaskan sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait pada 13 Juni lalu di Bandara Gusti Sjamsir Alam.

Rapat koordinasi dihadiri Kepala Balai Jalan Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru, Dinas Bina Marga Kotabaru dan Bappeda. “Dalam rapat, disepakati mengenai pengalihan jalan raya untuk perpanjangan runway,” jelasnya.

Baca Juga: Master Plan Bandara Kotabaru Ditandatangani, Rencana Perluasan Segera Dilaksanakan

Sementara ini, disebukan Ferdinan, Balai Jalan Provinsi Kalsel memberikan opsi pengalihan jalan dari Polsek sampai wilayah Gunung Sari.

“Kami juga menyiapkan konsekuensi yang ditimbulkan dari opsi itu sekaligus memberikan solusi setelah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah. Kami juga akan menyiapkan draft final agar segera diproses oleh pihak Balai Jalan Provinsi Kalsel dan segera melakukan pembahasan dengan pihak terkai,” ucapnya. (cah/dny)

Komentar

Berita Terkini