Jalan Martapura Lama Amblas, 3 Tahun tak Digubris PUPR

MARTAPURA, KORANBANJAR – Jalan Martapura Lama, tepatnya di Desa Telok Selong RT 01, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar amblas sedalam kurang lebih 40 cm. Hal itu diduga lantaran adanya rongga di bawah jalan itu. Masyarakat setempat sudah berulang kali melakukan perbaikan, dengan cara menguruk tanah dan batu, namun jalan itu lagi-lagi amblas.

Kepala Desa Telok Selong Lukmanul Hakim Jum’at (22/06) menuturkan, kondisi jalan di desanya itu sering amblas, akibat di bawahnya terdapat rongga yang besar ditambah lokasi jalan yang berada di sisi sungai Martapura.

“Sudah sering jalan itu amblas, diperbaiki, amblas lagi. Biasanya masyarakat menguruknya dengan batu dan tanah dengan dana swadaya, namun kembali amblas, diperkirakan ada rongga di bawah jalan itu,”ujarnya

Amblas

“Kami sudah berulangkali mengajukan proposal permohonan kepada instansi terkait, namun hingga kini belum juga ditanggapi, sementara kalau menggunakan dana desa biayanya terlalu banyak,” ujarnya

Bahkan diakui Kepala Desa itu, sejak tahun 2015 pihaknya telah mencoba memasukan proposal ke Dinas PUPR Kabupaten Banjar, namun hingga kini belum ada jawaban, bahkan juga sampai ke Dinas PUPR Provinsi namun hal yang sama juga dia dapatkan.

“Kada diherani buhannya, di PUPR Kabupaten, Provinsi, sampai hari ini belum ada tanggapan,”ucapnya

Amblasnya jalan tersebut sangat mengganggu aktivitas masyarakat setempat, karena hampir separu badan jalan yang tidak bisa dilewati.

“Amblasnya sampai separuh jalan, mobil terpaksa tidak bisa lewat, dan untuk pengendara juga sangat hati-hati jika melintas di sana, tidak bisa papasan langsung dengan pengendara lain, harus bergantian,”ungkapnya

Sampai berita ini diturunkan, Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Banjar M Solhan tidak bisa di konfirmasi melalui telpon.(sai/hen)