oleh

Jalan Ke Kalampayan Bakal Terhubung Dengan Bandara

Menuju ke kubah Datuk Kalampayan bakal tak perlu repot lagi bagi penziarah yang menggunakan pesawat. Setelah dari Bandara Syamsudin Noor akan langsung menuju tempat tujuan di Kalampayan Kecamatan Astambul.

MARTAPURA BARAT,koranbanjar.net – Jalan menuju ke kubah Syekh Muhammad Arsyad Albanjari (Datuk Kalampayan) di Kalampayan, bakal dapat diakses langsung dari Bandara Syamsudin Noor Landasan Ulin Banjarbaru. Sehingga, penziarah pengguna pesawat bisa dengan mudah menuju lokasi makam ulama ternama dari tanah Banjar itu.

Sekda Banjar H Mokhamad Hilman menerangkan, Pemkab Banjar menginginkan rencana ke depan akan mengharmonisasikan pembangunan jalan dari Pemprov Provinsi Kalsel, dari jembatan Sungai Kitanu akan ditembuskan juga sampai ke akses Bandara Syamsudin Noor.

“Jadi, akan dipotong di mana titiknya nanti dan dibangun rest jalannya,” begitu ungkap dia.

Pemerintah provinsi sudah melakukan pembebasan lahan dari Sungai Kitanu sampai ke Kelampaian, dengan demikian untuk jalan fisik sudah ada. Itu nanti diteruskan ke bandara yang merupakan jalan alternatif bagi wisatawan menuju Kalampayan atau tidak melewati jalan A Yani lagi.

“Untuk dana sendiri yang sudah digelontorkan untuk pengerasan sekitar Rp2,1 miliar dana dari APBD, karena statusnya jalan poros desa,” tutur Hilman.

Hilman yang juga Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar menyebutkan, terkait peninjauan jalan Desa Penggalaman, akan dilihat lebih lagi kondisi jalan apakah tanahnya masih lembek.

Jika sudah tidak lembek lagi, maka akan segera diaspal.

“Insya Allah nanti akan dilebarkan lagi jalannya, terlihat sudah ada tumpukan batu disamping, mungkin karena ada tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh maka terlihat lebih sempit, untuk jalan sendiri lebar sudah empat setengah sampai lima meter,” katanya.

Dia juga mengatakan akses jalan tersebut ada dua akses, pertama sampai ke Cindai alus dan akses ke dua jalan ke Lapangan Golf tembus ke Bandara Syamsudin Noor. (dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: