Baznas

Jalan Akses Desa Arang Alus Rusak Berulang Kali Rusak Akibat Longsor

  • Bagikan

PENGARON, KORANBANJAR.NET –  Jalan penghubung antara Desa Arang Alus dan Kecamatan Pengaron rusak parah sejak awal 2016 lalu. Warga setempat terpaksa ekstra hati-hati jika menggunakan jalan tersebut disebabkan bahaya yang mengintai.

Desa Arang Alus merupakan desa paling ujung di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar. Sesuai pantauan koranbanjar.net, Rabu (21/03), jalan yang terbuat dari semen itu memang rusak parah, di beberapa titik ruas jalan terlihat longsor dan hampir tidak bisa dilewati oleh pengendara, bahkan kendaraan roda empat tidak bisa sama sekali menggunakan jalan tersebut.

Kerusakan jalan diketahui akibat tanah jalan yang longsor paska banjir. “Jalan tersebut adalah jalan penghubung dengan Desa-desa lain yang ada di Kecamatan Pengaron, namun longsor akibat banjir ” ujar Hatha, warga Desa Arang Alus, (37) kepada koranbankar.net.

Hatha menjelaskan, jalan tersebut rawan sekali longsor hingga sangat membahayakan bagi warga yang ingin melintasi jalan, apalagi ketika musim hujan. Selain itu, jalan memang begitu dekat dengan sungai.

Bahkan, tambahnya lagi, baru-baru ini jalan tersebut kembali longsor, namun untungnya pada saat kejadian jalan sudah jarang dilewati oleh warga karena sudah ada jalan yang lain untu akses Desa Arang Alus.

Menurut pihak Kecamatan Pengaron, Heru Suhermah AKS, bahwa jalan yang berada di Desa Arang Alus sudah dipindahkan dan dibuatkan akses jalan yang baru.

“Jadi, jalan menuju ke Desa Arang Alus itu sudah dipindahkan,  jika mau menuju ke Desa Arang Alus tidak harus melewati Desa Benteng Seberang lagi, tetapi sekarang melewati Desa Maniapun,” tutup Heru. (sen/mj,01/dra/kie)

  • Bagikan