Jabatan Aslam Bakal Dikembalikan Sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Banjar

Aslam (dua kiri) dilantik sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) sebelumnya Sekretaris DPRD Banjar yang kini dijabat oleh Hj Siti Mahmudah (lima kiri), Kamis (21/3/2024) malam di Mahligai Sultan Adam Martapura. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/koranbanjar.net)

Jabatan Aslam sebelumnya sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Banjar tampaknya bakal segera dikembalikan kepada bersangkutan karena proses pengangkatan pejabat baru dinilai DPRD Kabupaten Banjar tak prosedural.

BANJAR, korangbanjar.net – Pengembalian jabatan ini diputuskan atas kesepakatan eksekutif dan legislatif di antara agenda rapat paripurna DPRD Kabupaten Banjar yang berlangsung Kamis (28/3/2024) malam sekitar pukul 23.00 Wita hingga Jumat (29/3/2024) dinihari sekitar pukul 02.00 Wita.

Kesepakatan bersama ini ditandatangani Ketua DPRD Kabupaten Banjar HM Rofiqi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar Zacky Hafidzie, Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyi, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banjar Erni Wahdini.

rapat paripurna DPRD Kabupaten Banjar yang berlangsung Kamis (28/3/2024) malam sekitar pukul 23.00 Wita hingga Jumat (29/3/2024) dinihari sekitar pukul 02.00 Wita. (Sumber Foto: dya/koranbanjar.net)

Sebelumnya, permasalahan ini disampaikan Wabup Banjar dengan menghubungi Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang sedang menunaikan ibadah umrah di Makkah.

Lantas, Bupati Banjar memberikan kebijakan agar jabatan Aslam dikembalikan sebagai Sekwan. Proses selanjutnya diserahkan kepada Wabup Banjar menindaklanjuti.

“Bupati Banjar telah mengambil kebijakan untuk mengembalikan Aslam sebagai Sekwan,” ucap Wabup Banjar, Jumat (29/3/2024) dinihari usai rapat paripurna.

Waki Ketua DPRD Kabupaten Banjar Zacky Hafidzie yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya dari legislatif akan bersama sama eksekutif untuk menyampaikan hasil kesepakatan ini ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Minggu sore eksekutif bersama kami ke Kemendagri, diharapkan Senin sudah selesai,” kata dia.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar Zacky Hafidzie usai rapat paripurna, Jumat (29/3/2024) dinihari. (Sumber Foto: dya/koranbanjar.net)

Apakah nanti seluruh anggota DPRD Kabupaten Banjar yang berangkat ke Kemendagri di Jakarta, kata Zacky, maka itu hak ketua dewan menentukannya.

Di sisi lain, Erni Wahdini mengatakan bahwa pengembalian ini akan melalui proses, di antaranya mendapatkan izin dari Kemendagri, lalu memasukkan melalui sistem aplikasi informasi jabatan pimpinan tinggi (SI JAPTI), rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), setelah itu Bupati Banjar menerbitkan SK baru.

Sebagaimana diketahui bahwa Aslam dilantik Bupati Banjar menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) sebelumnya Sekretaris DPRD Banjar yang kini dijabat oleh Hj Siti Mahmudah, Kamis (21/3/2024) malam di Mahligai Sultan Adam Martapura. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *