BNN

Investasi Pabrik Wood Pellet di Kabupaten Banjar Mangkrak, Begini Kondisi Terakhir

  • Bagikan
Pabrik wood pellet di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar. (foto: dairobi)
Pabrik wood pellet di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar. (foto: dairobi)

Sebuah investasi pembangunan pabrik wood pellet di Desa Lok Tamu, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan yang menelan biaya miliaran rupiah kini mangkrak alias terbengkalai.

MATARAMAN, koranbanjar.net – Sebuah pabrik pengolahan wood pellet di wilayah Kabupaten Banjar sudah bertahun-tahun terbengkalai. Kini pabrik ini mulai ditumbuhi rumput tebal di sekitar bangunan.

Penelusuran koranbanjar.net di lokasi, Kamis, (23/9/2021), pabrik ini dikabarkan hanya beroperasi sekitar 3 bulan. Setelah itu tidak beroperasi lagi.

“Kabarnya, alat yang dimiliki perusahaan ini tidak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh. Lahannya mungkin sekitar tiga hektar, sampai sekarang sampai sekarang masih ada beberapa peralatan di dalam pabrik. Katanya, mau dilelang,” tutur warga sekitar pabrik, yang tidak mau identitasnya disebutkan.

Sementara itu, dikutip dari laman disperindag.banjarkab.go.id, Pabrik Wood Pellet terletak di sebelah Barat Jalan Ahmad Yani Kilometer 68 Desa Lok Tamu, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Pabrik berlokasi di kawasan pemukiman.

Daftar Rincian Mesin dan Peralatan Pabrik Wood Pellet

Mesin pengolah serbuk kayu

Mesin pengatur kelembaban serbuk kayu

Mesin pemanas serbuk kayu

Mesin pengering serbuk kayu

Mesin penghancur kayu menjadi serbuk kayu

Mesin pembentuk pellet kayu

Mesin Pengemasan

Forklift Mitsubishi Grendia

Mesin genset Cummins UTA-28-G6

Terkait dengan hal tersebut, Plt Camat Mataraman, Agus Hidayat MAP saat mau dikonfirmasi koranbanjar.net, Kamis siang sedang tidak berada di tempat. “Camat dan stafnya sedang rapat di luar,” ungkap satu staf Kecamatan Mataraman.(mj-43/sir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + seventeen =