Intai Selama 2 Bulan, Satpol Bongkar Produksi Tuak

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Satpol PP Kota Banjarbaru berhasil membongkar bisnis miras jenis tuak dari tangan Yandi Sirait (23) dengan barang bukti 530 liter.

Pengungkapan tersebut dilakukan pada Jumat (11/1/2019) siang. Satpol PP Kota Banjarbaru sudah melakukan pengintaian terhadap rumah yang dijadikan tempat produksi tuak tersebut sejak cukup lama.

“Dua bulan terakhir sudah kita intai lokasi tersebut,” ucap PPNS Satpol PP Kota Banjarbaru Yanto Hidayat.

Rumah yang dijadikan gudang produksi tuak tersebut berada di RT 24 RW 06 Kelurahan Sungai Ulin, Kota Banjarbaru. Pengungkapan kasus tersebut juga dibantu warga setempat yang sering melihat pemilik sering membawa jeriken.

“Dibantu peran serta warga untuk menindak. Kedapatan warga saat itu membawa jeriken,” ujarnya.

Saat pengamaan juga dilakukan upaya bongkar paksa. Lantaran kondisi rumah pelaku yan dijadikan gudang produksi tertutup atau dikunci.

“Kita menunggu pemiliknya sekitar satu jam, tapi tidak datang. Dengan izin RT setempat, kita lakukan bongkar paksa,” katanya.

Gudang produksi tersebut, juga diindakasi sebagai pemasok di wilayah Kota Banjarbaru. Dari tangkapan sebelumnya, juga termasuk kiriman dari Yandi.

“Indikasinya seperti itu. Selain membuat, pelaku ini juga mengecer, dan menjual langsung,” terangnya.

Dari gudang produksi tersebut diamankan tuak sebanyak 530 liter dari 8 tong yang berisi penuh. Ditambah bahan utama untuk membuat tuak yakni kayu laru sebanyak 8 kilogran

“Untuk saat ini pelaku dan barang bukti sudah berada di Mako. Selanjutnya pelaku masih kita mintai keterangan,” pungkasnya.(maf/sir)

Read Previous

Kajati Saksikan Komitmen Kemenkumham, Berikut 7 Janji yang Disepakati

Read Next

Tertib Lalu Lintas, Polres Tala Luncurkan Aplikasi Game SI TALA

Tinggalkan Balasan